Buka Manasik Haji di Bula, Begini Pesan Kakanwil Agama Maluku

Agama

Bula,CakraNEWS.ID-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku H, Yamin, S.Ag, M.Pd.I mengingatkan jemaah calon haji asal Maluku untuk selesaikan urusan di duniawi dan fokus beribadah dan mengurangi kegiatan di luar sebelum ke tanah suci.

“Fokuslah beribadah, selesaikan urusan duniawi, jangan memaksakan diri mengejar duniawi yang dapat memudharatkan, fokus untuk puncak ibadah haji,” ungkap H. Yamin saat membuka kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Aula Kantor Kemenag Kabupaten SBT, Sabtu (3/6/2023).

Menurut H. Yamin menjadi jemaah haji merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dengan melaksanakan ibadah-ibadah.

“Terus berdzikir, beribadah secara maksimal, khusyuk, dan fokus mendekatkan diri pada Allah SWT dan selalu berdoa memohon pada Allah SWT untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat,” kata Kakanwil

H. Yamin menambahkan, pelaksanaan ibadah haji adalah sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah agama dan pemenuhan rukun Islam ke lima, bukan untuk menaikkan status sosial atau sekadar pamer kesalihan serta berdandan.

“Luruskan niat dan fokus pada hal yang substantif selama berhaji. Kemudian menjaga kesehatan, membersihkan jiwa dan menata diri. Selama di Tanah Suci, fokuskan pikiran dan energi untuk melakukan rukun haji dan wajib haji secara khusyuk, dan kami mohon doa bapak ibu semua untuk mendoakannegara kita,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten SBT M. Jen Tepinalan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terimakasih kepada Kakanwiil Provinsi Maluku dan rombongan atas kunjungan di Bumi Ita Wotu Nusa.

Dikatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini yakni untuk memberika, menambah dan memperluas pengetahuan tentang manasik haji, manasik perjalanan, manasik kesehatan serta keselamatan penerbangan serta untuk memberikan kemampuan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan-kegiatan menunaikan ibadah haji.

Kegiatan diawali dengan Mujahadah (Do’a Bersama) untuk keselamatan dan kelancaran penyelenggara ibadah haji yang dipimpin oleh Kepala KUA Gorom Ustd. Munirul Mukminin.

Turut hadir, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. M. Yasir Rumadaul, S.Ag, M.Pd.I, Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Farida Laisouw, S.Pd, M.Pd, Asisten I Setda SBT Ambo Wokanubun, Kepala Kemenag SBT M. Jen Tepinalan, S.Hi, Ketua MUI SBT Malik Kilwouw, S.Ag, Kabag Kesra SBT Basri Rumatiga, S.Ag, Ketua GP Ansor Kabupaten SBT, pejabat eselon IV lingkup Kemenag SBT, serta puluhan jemaah haji asal SBT.*CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *