Bupati: Majelis Ta’Lim Jadi Garda Terdepan Pembinaan Umat Di Malra

Pemerintahan

Malra, Cakra NEWS.ID – Bupati Maluku Tenggara, (Malra) Hi, M. Thaher Hanubun, yang diwakili Asisten l, Setda Malra, Drs. AbduL Hamid Ingratubun M.Si, resmi membuka Silaturahmi Tahunan Majelis Ta’Lim se-Kabupaten Malra, yang Ke-V. Tahun 2018, yang mengangkat Tema, Dengan Semangat Hukum Larvul Ngabal Kita Wujudkan Filosofi “AiN Ni Ain” sebagai perekat kebersamaan sejati.

Agenda Silaturahmi Majelis Ta’lim merupakan kegiatan tahunan Kementerian Agama Kabupaten Malra, yang dipusatkan di Desa Elat, Kecamatan Kei-Besar, Malra, Kamis,(15/11/18).

Mengawali sambutan Bupati, yang di bacakan Drs. AbduL Hamid Ingratubun, menyampaikan,atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, Bupati, menyambut baik pelaksanaan kegiatan silaturahmi Akbar Majelis Ta’lim se- Kabupaten Malra, dengan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif demi suksesnya pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut.

Dikatakan Bupati, silaturahmi akbar majelis ta’lim yang ke-V, Tahun 2018, diharapkan semakin mengukuhkan eksistensi sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan nonformal. Fleksibilitas majelis ta’lim inilah yang menjadi kekuatan sehingga mampu bertahan dan merupakan lembaga pendidikan Islam yang paling dekat dengan umat dan masyarakat.

“Menjadi sebuah kekuatan umat tentunya, majelis ta’lim bukan hanya karena jumlah keanggotaan yang besar, namun semangat kebersamaan dan nilai-nilai kejuangan untuk menegakkan perintah agama agar mampu menciptakan masyarakat muslim yang berakhlak mulia,”ujar Ingratubun.

Lanjutnya, rangkajan silaturahmi tahunan ini dilaksanakan tidak hanya memperkenalkan jati diri dan identitas dari setiap peserta majelis ta’lim, namun lebih menunjukan bahwa keberagaman bukanlah menjadi pemecah belah persatuan umat namun sebaliknya menjadi kekuatan umat, yang dalam skala besar akan menjadi kekuatan daerah dan bangsa Indonesia pada umumnya.

“Bagi pemerintah daerah, pelaksanaan kegiatan ini akan menjadi daya ungkit yang besar bagi berkembangnya suasana kehidupan keagamaan di Kabupaten Malra, yang diharapkan semakin berjalan dengan kondusif. Kegiatan ini tentunya adalah wujud komitmen dan tekad semua unsur, guna mengukuhkan kebersamaan, persatuan dan solidaritas dalam bingkai keislaman di Bumi Larvul Ngabal,”ungkap Ingratubun.

Penekanan ini dinilai nilai sangat penting, mengingat kondisi kehidupan sosial dan pemerintahan bangsa saat ini, berada dalam suatu ujian besar, dimana isu isu nasional bertemakan agama mewarnai hampir seluruh media sosial, elektronik dan cetak lainnya. ujian tersebut akan mudah diantisipasi dengan sebuah komitmen seluruh komponen bangsa dan daerah.

“Apapun permasalahan yang dihadapi semua pihak mengedepankan penegakan hukum dan kebulatan tekad yang bulat, bahwa sesungguhnya agama dan keyakinan hanyalah instrumen untuk memuliakan Tuhan,”ungkap Ingratubun.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat Malra, untuk bergandengan tangan mewujudkan Maluku Tenggara yang Mandiri, Demokratis dan Berkeadilan.

“ Hendaknya masyarakat tidaklah larut dalam berbagai friksi dan perbedaan, karena sesungguhnya perbedaan itu adalah kelaziman dalam kontestasi Politik lokal, dan bukan menjadi pemecah belah persatuan umat,”tandasnya

Untuk diketahui, jumlah peserta Majelis Ta’lim yang sudah terdaftar pada kegiatan tersebut sebanyak 96 Majelis Ta’lim yang tersebar di kabupaten Malra, dengan jumlah anggota mencapai 1,470 orang, dan masih terus bertambah mengingat kegiatan Akbar tersebut akan berlangsung selama 3 hari, yakni sejak tanggal 15 pembukaan sampai dengan penutupan pada Minggu tanggal, (18/11/18).

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, Kepala, Kantor Kementerian Agama, Kota Tual dan Kabupaten Malra, SKPD Kab Malra, unsur Forkopimda Kota Tual dan Malra, Ketua, MUI, Kota Tual dan Malra, Anggota DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra. (CNI/DJ) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.