Bupati Malteng : Musrembang RKPD Tahun 2023, Amanat Konstitusi Tingkatkan Kemajuan Dan Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrembang RKPD) Kabupaten Maluku Tengah tahun 2023 sebagai bagian dari amanat konstitusi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah guna kemajuan Daerah sekaligus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Hal ini di ungkapkan, Bupati Malteng, Tuasikal Abua, dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan Musrembang RKPD Malteng tahun 2023 yang di tandai dengan pemukulan gong yang berlangsung di Baileo Ir.  Soekarno jalan Pattimura Masohi pada Senin (18/4/2022).

Musrembang ini di hadiri oleh Forkopimda Malteng, Pimpinan dan anggota DPRD, Pimpinan vertikal,  TNI-Polri, para Asisten dan Staf Ahli bupati, Pimpinan OPD, Ketua dan wakil Ketua TP PKK malteng, tokoh agama, pimpinan Perbankan, dan para Camat SE Maluku Tengah.

“Musrenbang RKPD ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan salah satu proses atau tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,”ucap Tuasikal.

Musrembang RKPD Malteng tahun 2023, kata Tuasikal juga merupakan peta arah pembangunan daerah dalam jangka waktu perencanaan tahun 2023, yang akan dibahas bersama dengan para pemangku kepentingan atau stakeholder pembangunan daerah, termasuk DPRD selaku mitra Pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Musrembang ini juga selanjutnya menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan tahunan daerah dan instrument penilaian kinerja pembangunan,” Jelasnya.

Menurutnya, RKPD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2023 akan mengacu pada RPD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2023-2026, yang memuat tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, dan program prioritas yang memiliki daya ungkit besar terhadap pencapaian target pembangunan daerah.

Ia mengatakan, Musrenbang RKPD sebagai faktor pendukung untuk memulai langkah-langkah perubahan menuju cita-cita bersama dalam  mewujudkan Maluku Tengah yang maju, mandiri, dan berkeadilan dalam bingkai hidup orang basudara dalam kerangka gotong royong membangun negeri.

“Kita wujudkan Maluku Tengah yang lebih maju dan diperhitungkan di Indonesia Timur. Maju di bidang pendidikan dan kesehatan, maju dalam perekonomian, maju dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, maju dalam sarana prasarana wilayah, maju dalam bidang pemuda, olahraga, dan seni budaya,” ucapnya.

Tuasikal mengatakan, saat ini pemerintah daerah dan masyarakat di bumi Pamahanunusa sangat berharap agar membangun Maluku Tengah harus dirumuskan dalam prioritas daerah di tahun 2023 yang meliputi :

  1. Peningkatan Mutu dan aksesibilitas Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan.
  2. Pengembangan komoditas unggul daerah.
  3. Pembangunan Infrastruktur Dasar, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana daerah.
  4. Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Pengangguran.
  5. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih.
  6. Peningkatan keamanan, ketertiban dan penguatan nilai — nilai seni budaya dalam kehidupan orang basudara.
  7. Pengembangan Kapasitas dan Partisipasi Generasi Muda dan perempuan dalam pembangunan.

Sebagai dokumen induk perencanaan tahunan, tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program rioritas yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2023, diterjemahkan kedalam program pembangunan berdasarkan tugas dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai kewenangan masing-masing.

“Saya berharap semua OPD akan menjabarkan tujuan, sasaran, dan program prioritas dalam Rencana Kerja atau Renja Perangkat Daerah, sehingga Maluku Tengah Yang Maju, Mandiri, dan Berkeadilan dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat dan daerah ini,” pinta bupati dua periode.

Tuasikal menambahkan, Musrenbang RKPD bukan hanya seremonial saja tetapi merupakan momentum untuk menetapkan kondisi daerah, menganalisa potensi dan kinerja, serta merumuskan tujuan dan sasaran pembangunan untuk satu tahun kedepan. Namun dengan komitmen yang tinggi dari kita semua, Saya yakin dokumen perencanaan yang berkualitas dapat kita hasilkan.

“Untuk itu, Pemikiran yang cerdas dari para semua peserta Musrenbang sangat diharapkan guna menyempurnakan RKPD ini,” harapnya. (CNI-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.