Capai 10 Persen, Alokasi Dana Desa di SBT Naik

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID– Besaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2023 di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengalami peningkatan sebesar sepuluh persen dari tahun sebelumnya. Jumlah ini jika dihitung berdasarkan pagu anggaran tahun lalu, maka ADD tiap desa kini bertambah menjadi lebih kurang Rp. 15 juta.

Lutfi Rumata, Plt Kepala Dinas PMD kabupaten setempat, mengatakan meskipun mengalami kenaikan, namun besaran ADD tersebut baru akan dilakukan penyesuaian pada saat permintaan pencairan anggaran tahap II nanti, mengingat tahap sudah terlanjur dalam proses pencairan.

“Permintaan pencairan dana tahap II dilakukan setelah APBDesa Perubahan tahun ini ditetapkan. Jadi penyesuaian pada saat APBDesa Perubahan,” jelasnya kepada wartawan di Bula, Rabu (30/8/2023).

Sementara ADD tahap I, hingga akhir Agustus kemarin sudah sebanyak 69 persen dari total 198 desa yang berhasil melakukan pencairan. 61 desa lainnya saat ini tengah dalam proses. Keterlambatan pencairan disebabkan belum lengkapnya dokumen realisasi pertanggung jawaban anggaran tahap sebelumnya.

Rumata menandaskan pihaknya ketat menagih laporan realisasi dan pertanggung jawaban, sebelum anggaran tahap ini diajukan proses pencairan, tujuannya untuk mengendalikan administrasi pelaporan guna memudahkan karateker dan kepala desa. Sehingga dengan begitu, mereka tidak perlu lagi repot saat akhir tahun.

Langkah ini diambil berdasarkan pengalaman sebelumnya, dimana laporan tersebut sukar sekali disampaikan, meski berkali-kali diminta. Karakter dan kepala desa acap kali hanya berjanji, walau terus ditagih. Tidak ingin terulang seperti itu, pihaknya ketat, rekomendasi pencairan baru dikeluarkan setelah laporan tahap sebelumnya dimasukkan.*** CNI/Im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *