CJH Asal MBD Ikut Bimbingan Manasik Haji, Wabup:  Ibadah Haji Pengalaman Rohani

Pemerintahan

MBD,CakraNEWS.ID-Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Agustinus Lekwarday Kilikily membuka bimbingan manasik haji 1443 Hijriah/2022 bagi calon jemaah haji asal Kabupaten Maluku Barat Daya,  Senin (13/06/2022).

Dalam sambutan Bupati MBD yang dibacakan Kilikily, menyatakan, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kementrian Agama MBD  dan semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya bimbingan ini, guna memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik, dan benar, sehingga nantinya dalam melaksanakan ibadah di tanah suci dapat berjalan lancar, sehat dan menjadi haji yang mabrur.

“Manasik merupakan kewajiban pemerintah daerah sebagaimana yang diamanatkan undang-undang tentang penyelenggaraan ibadah haji,”jelasnya.

Kilikily ungkapkan, manasik haji juga memberikan pembinaan agar calon jamaah haji memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik rukun wajib, larangan, hingga sunah haji, agar bisa beribadah haji dengan sebaik-baiknya, dan menjadi haji mabrur.

“Disamping harus iklas, kita harus memiliki ilmu yang cukup seputar bagaimana menjalankan ibadah haji sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad,”jelasnya.

Menurutnya, karena ibadah haji merupakan sebuah pengalaman rohani yang tidak mungkin bisa dilupakan dan harus dipersiapkan dengan matang, oleh sebab itu, manasik untuk para calon jamaah haji bukan sekedar pengetahuan untuk beribadah haji saja, namun juga memberikan bekal, yang semoga cukup dan bermanfaat dipraktekkan di tanah suci.

Selain itu, Wakil Bupati berharap, dengan manasik ini, para calon jamaah haji dapat saling mengenal dan mengakrabkan diri satu dengan yang lain.

“Saya berharap  jamaah calon haji Kabupaten MBD agar dapat mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh, mengingat beberapa hari kedepan jamaah calon haji akan diberangkatkan. Hendaknya menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan manasik berlangsung, agar para jamaah lebih siap dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan tidak kekurangan suatu apapun,”harapnya.

Dirinya juga berpesan untuk segera mempersiapkan diri mulai dari saat ini, baik mental maupun rohani, membersihkan hati, bertaubat, menyambung silaturahmi, membayar hutang, berbekal  harta yang halal, lebih memperdalam ilmu agama, rajin mengikuti manasik haji, memantapkan niat untuk menunaikan ibadah haji, dan yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kesehatan.

Turut Hadir dalam pembukaan manasik haji, Sekda MBD  yang diwakili  asisten bidang administrasi umum, Ketua Klasis Leti Moa Lakor, Ketua MUI, Pimpinan OPD, Dewan Kemakmuran Mesjid, Imam masjid dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.