Dari Pratama ke Madya, Kota Ambon Berhasil Naik Tingkat Predikat Kota Layak Anak

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Kota Ambon menjadi salah satu kota yang naik tingkat dalam predikat Kota Layak Anak (KLA) dari Pratama menjadi Madya.

Hal ini diumumkan dalam acara malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak 2023, yang berlangsung, di Semarang pekan lalu dan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspa Yoga.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Meggi Lekatompessy menjelaskan predikat KLA Madya didapatkan setelah melalui tahap penilaian, dimulai dari evalusai mandiri yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Pemerintah Provinsi, Kementerian PPPA, serta penilaian lapangan yang melibatkan pihak terkait dan merupakan pemerhati anak.

“Kota Ambon dinyatakan naik peringkat dari sebelumnya KLA Pratama menjadi Madya, ini tidak terlepas dari kerja keras, kerjasama, kolaborasi dan sinergitas yang dibangun baik Pemkot maupun masyarakat, dunia usaha, dan media.

Dengan predikat yang diberikan, menjadi motivasi untuk dapat terus melakukan yang terbaik,” jelasnya ketika dikonformasi Tim Media Center, Minggu (23/7/23) di Ambon.

Meski demikian, dirinya mengakui, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan bekelanjutan.

“Sekali lagi untuk mencapai tujuan itu, bukan hanya pemerintah, karena pemerintah tidak mungkin berkerja sendiri tetapi didukung oleh masyarakat, dunia usaha maupun media,” terangnya.

Lekatompessy juga menyampaikan selain naiknya predikat KLA, dalam rangkaian event tersebut juga diberikan Pengharghaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2023 kepada Forum Anak Kota Ambon, sebagai Apresiasi Kota Terbaik di Wilayah Timur Indonesia (WTI).

Program DAFA Award ini, diselenggarakan oleh Sekretariat Forum Anak Nasional bersama Kementerian PPPA, serta tim Website Forum Anak untuk memberi apresiasi kepada Forum Anak yang aktif, kereatif, dan inovatif.

“Tujuan DAFA award adalah wadah untuk melakukan pendataan kegiatan yang telah dilakukan Forum Anak disetiap daerah, memberikan penghargaan kepada Forum Anak yang aktif, kreatif, dan inovatif, sebagai pemenuhan hak anak. Disamping itu juga meningkatkan kreativitas, efektivitas, dan pemusatan data Forum Anak di Indonesia dalam rangkaian kegiatan Forum Anak di Semarang, Jateng,” bebernya.

Ditandaskan,Forum Anak Kota Ambon sebagai penerima DAFA Award 2023 Apresiasi Kota Terbaik WTI , merupakan bentuk apresiasi dalam menjalankan peran sebagai pelopor dan pelapor, untuk memastikan tercapainya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, serta keterlibatan anak dalam proses perencanaan pembangunan.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *