Didukung UNESCO, Tapak Suci Raih Juara 1 Film Pendek Pencak Silat

Adventorial News

CakraNEWS.ID– Prestasi demi prestasi terus diukir oleh Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM).

Kali ini Tapak Suci berhasil meraih juara 1 Film Pendek Pusat Kajian Kebudayaan Pencak Silat Indonesia (PSII) yang didukung oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Konsolidasi Nasional Program Inklusi PP ‘Aisyiyah Film pendek yang diproduksi oleh Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Gowa ini berjudul “Merawat Tradisi: Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?”.

Sutradara Film Merawat Tradisi Alfandi berkisah kepada Suara Muhammadiyah awal dibuatnya karya yang sangat baik dalam memperingati 2 tahun pengakuan “The Traditional of Pencak Silat dari Unesco” sebagai Warisan Tak Benda Dunia ini.

“Kami mulai garap di awal tahun 2022 setelah mendapatkan info lomba di akun instagram @psilat_institut_indonesia. Sehingga saya inisiatif untuk menghubungi teman-teman kader dan siswa Tapak suci untuk sama-sama menggarap lomba tersebut,” ungkap Alfandi kepada Suara Muhammadiyah, Kamis (21/4/2022)

Dirinya yakin dengan adanya lomba ini sebagai anak muda Tapak Suci terpanggil untuk berkarya dan menjaga silaturahmi serta dapat memancing semangat kader dan siswa dalam Bertapak Suci di kabupaten Gowa khususnya di cabang Malino dan Tombolo Pao.

Selanjutnya Alfandi membentuk tim lomba dan mulai membahas naskah untuk film tersebut.

Dalam naskah film ini Alfandi menggaris bawahi bahwa pencak silat ini adalah salah satu tradisi leluhur Indonesia yang harus dilestarikan.

Melihat hari ini banyaknya budaya asing yang masuk Indonesia dan teknologi begitu cepat berkembang. Sehingga Alfandi dan tim sebagai anak muda Indonesia harus berperan dalam menjaga kita punya tradisi, yaitu pencak silat,”sehingga film ini kami beri judul Merawat Tradisi Kalau bukan kita, Siapa Lagi?”.*** CNI/02

Sumber: Suara Muhammadiyah | Foto Ilistrasi Tapak Suci Ambon

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.