Polri Gelar Operasi Ketupat 2022 Mulai 28 April

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID– Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menyelenggarakan Operasi Ketupat 2022 untuk mengamankan arus mudik lebaran. Rencananya, operasi tersebut mulai dilaksanakan per 28 April 2022.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, sebanyak 144 personel polisi akan diturunkan dalam operasi tersebut. Kata Ahmad, polisi akan gelar pasukan sehari sebelum operasi dimulai.

“Tanggal 27 April akan gelar pasukan, jadi (mulai) 28 April sampai beberapa hari ke depan,” kata Ahmad di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ahmad menuturkan, Operasi Ketupat digelar untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat jelang dan saat lebaran. Nantinya polisi akan membuka beberapa pos, mulai dari pos pengamanan, pos pelayanan, hingga pos terpadu.

Ahmad menjelaskan, pos-pos tersebut difungsikan sebagai pusat informasi dan tempat istirahat pemudik. Posko juga melayani vaksinasi Covid-19.

“Pos terpadu ini dengan instansi terkait di mana digunakan untuk beberapa fungsi selain untuk pusat informasi, juga digunakan sebagai sarana tempat istirahat,” ucapnya.

Ahmad memastikan, tidak ada titik cek untuk memeriksa hasil tes antigen atau surat izin pemudik seperti dua tahun sebelumnya. Hal tersebut menyusul pelonggaran aturan mudik oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan. Dia mengatakan, kepadatan arus mudik Lebaran diprediksi terjadi 28 April-1 Mei 2022.

“Mudik lebih awal, ini akan mengurangi beban kepadatan lalu lintas pada tanggal 28 April sampai tanggal 1 Mei yang kita rencanakan,” kata Firman, Rabu (20/4/2022). *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.