Ditpolairud Polda Maluku Bersama Masyarakat Nelayan Di Desa Sesar SBT, Kalesang Pantai Dari Sampah

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-Program kalesang pantai, dilakukan Ditpol Airud Polda Maluku dengan mengajak masyarakat nelayan yang ada di desa Sesar, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagain Timur membersihkan sampah yang ada di pantai.

“Program Kalesang pantai ini kami mengadopsi kearifan lokal bahasa dimaluku yang maknanya kurang lebih adalah bersih/ membersihkan, menata agar lebih baik/bermanfaat.Kegiatan kalesang pantai kami aplikasikan pada kegiatan bersih-bersih sampah dilaut dan pantai dari sampah yang sangat banyak, terutama sampah plastik,”ungkap Dir Polairud Polda Maluku kombes Pol Handoyo Santoso, dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (27/1/2023).

Handoyo menjelaskan, program kalesang pantai yang intens dilakukan Dit Polairud Polda Maluku, merupakan salah satu program unggulan Dit Polairud guna bersama-sama masyarakat menjaga kebersihan dan keindahan  serta menjaga ekosistem yang ada dilaut.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Maluku ini adalah wilayah kepulauan dimana kita harus bersama-sama menjaga lautan dan pantai kita untuk masa depan generasi penerus. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh seluruh pers Ditpolairud Polda Mauku dan kali ini dilakukan oleh Crew Kapal Patroli XVI-1007 yang sedang mengamankan wilayah perairan kab seram bagian timur, kegiatan hari ini melibatkan personil Sat Polair Polres SBT, Pos TNI – AL Bula, Koramil Bula serta adik-adik Pelajar SD Negeri 5 Bula dan seluruh masyarakat kampung Nelayan. Membersihkan pantai dari tumpukan sampah, “Ucap mantan Wadir Polairud Polda Kalteng ini.

Ia mengajak semua kalangan masyarakat terutama warga pesisir pantai agar sampah yang berada di laut bisa dibersihkan.

“Kita bergerak bersama untuk membersihkan laut khususnya mengambil sampah-sampah plastik yang lama terurai,” ujarnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *