Dorong Nakes Di Pelosok SBT, Kadis Kesehatan Hadiri Linsek di PKM Afang

Kesehatan

SBT,CakraNEWS.ID- Dalam upaya meningkatkan dukungan terhadap sektor kesehatan di Kecamatan bertempat di Balai Desa Afang Defol, Kecamatan Kilmury Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Puskesmas Afang, telah digelar Lokakarya Mini Lintas sektoral (Lokmin-Linsek), pada Rabu (16/11/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut, Perwakilan Camat Kilmury, Kepala Puskesmas dan jajaran Puskesmas Afang, para Perangkat Desa, Kader Posyandu, Pelajar dan undangan lainya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis didampingi Aniati Kelrey, Staf Seksi KGM Bidang Kesehatan Masyarakat Ibu dan Anak, dan Hawa Lewaru staf Kesmas Dinas Kesehatan SBT.

Saat membuka Linsek Puskesmas Afang Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis dalam sambutannya menyampaikan, selamat atas dilaksanakannya Linsek Puskesmas Afang.

Rumakabis juga menyampaikan selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-58 untuk seluruh insan kesehatan yang ada di Puskesmas Afang yang saat ini terus berjuang demi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di bumi bertajuk Wanu Sia Kilmury itu.

“Semoga melalui kegiatan ini, semakin terbangun sinergitas dan kerjasama lintas sektor dalam mendukung bidang kesehatan, guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Kata dia, dengan berbagai kesibukannya namun, tetap menjadi semangat baginya untuk hadir di tengah-tengah masyarakat guna melihat langsung berbagai persoalan pada sektor kesehatan yang saat ini menjadi tugas besar bagi Dinas Kesehatan SBT.

“Walaupun banyak aktivitas namun saya bisa datang disini, karena atas keterpanggilan dan sebagai anak negeri yang siap mengabdi untuk daerahnya walaupun sampai di pelosok desa sekalipun,” tuturnya.

Senada Rumakabis, Kepala Puskesmas Afang Hasanudin Rumbaru dalam sambutanya menyampaikan lokakarya mini lintas sektor ini sebagai upaya penggalangan kerja sama Lintas Sektor dalam upaya peningkatkan derajat Kesehatan dan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Sebagai orang nomor satu di Puskesmas Afang. Rumbaru juga meminta dukungan dari masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Afang dalam mendukung setiap kerja lapangan yang di lakukan guna peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih optimal lagi kedepannya.

“Untuk itu diharapkan melalui kegiatan lokakarya ini bisa memecahkan masalah yang ada, khususnya ditengah keadaan Pandemi seperti sekarang ini,” ujar Rumbaru.

Pria perawakan Goran Riun yang bertugas selama delapan tahun di wilayah Kilmury itu, sangat mengapresiasi masyarakat atas dukungannya dalam posyandu maupun berbagai persoalan pada bidang kesehatan yang saat ini menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Daerah.

Kapus menambahkan berbagai strategi harus dilakukan, dalam upaya meningkatkan capaian program masing-masing, khususnya saat ini masih fokus pada pelaksanaan posyandu serta program kegiatan Puskesmas lainya.

Pada pelaksanaan Linsek tersebut juga di lakukan paparan materi dari Tim Nusantara Sehat, yang memaparkan sejumlah program mereka yang telah di lakukan selama berada di wilayah Puskesmas Afang.

Selanjutnya dilakuka kegiatan Pembentukan Kader Kesehatan Remaja, orientasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Calon Pengantin (Cantin).*CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.