Dukungan Tokoh Agama Muslim Dan Kristen, Sukseskan Tabliq Akbar Dan SBB Bermazmur Dari Polres SBB

Polri

Piru,CakraNEWS.ID- Kepedulian terhadap kegiatan rohani di masyarakat, yang dilakukan oleh Kapolres Seram Bagian Barat, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, dengan terlibat langsung menjadi ketua pelaksanaan event keagamaan, Tabliq akbar dan Seram Bagian Barat Bermazmur, mendapat apresiasi dan dukungan dari Tokoh Lintas Agama, Muslin dan Kristen, yang ada di Kabupaten SBB.

Tidak hanya dukungan pelaksanan dua event keagamanan Taqkbir Akbar dan SBB Bermasmur yang berlangsung di Kab SBB pada hari jumat tanggal 2 Juni 2023  dan 3 juni 2023, Tokoh Agama dan masyarakat yang ada di Kabupaten SBB juga menawarkan diri untuk terlibat menyukseskan pelaksanaan doa bersama lintas agama, dalam bentuk SBB bermazmur, dan tabliq akbar yang digelar Polres SBB,

Ketua MUI SBB, KH Saumil Nurlette mengatakan, pelaksanaan SBB bermazmur, dan tabliq akbar, merupakan langkah yang positif, sehingga perlu didukung dan disukseskan.

“Kegiatan yang dilakukan oleh pak Kapolres SBB, ini sangat positif sekali, sehingga kita harus dukung tanpa syarat apapun. Bukan saja dukung tapi wajib untuk kita sukseskan,”kata dia, kepada wartawan di Piru,

Menurutnya, umat Islam di kabupaten SBB juga sangat menyambut baik kedua kegiatan tersebut.

“Kalau kegiatan seperti ini wajib didukung. Jadi tidak boleh tidak. Kalau ada yang tidak mendukung itu merupakan sebuah kekeliruan besar,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Klasis GPM SBB, Pendeta Riri Hewerila mengaku, seluruh warga gereja di kabupaten SBB, sangat bersuka cita dengan kegiatan SBB Bermazmur dan tabliq akbar yang dilaksanakan oleh Polres SBB itu.

“Kami warga gereja di SBB menyambut kegiatan ini dengan penuh suka cita, sebab kegiatan dalam rangka mempererat toleransi antar umat beragama di SBB,”kata dia.

Dirinya menegaskan, pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan kedua kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini untuk umat, dan dampaknya sangat positif dalam rangka meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan, maka sudah seyogianya kota dukung dan sukseskan,”ujarnya.

Terpisah, Ketua PCNU Kabupaten SBB, Acher Pattilow mengaku, langkah yang diambil oleh Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, untuk melaksanakan kedua kegiatan tersebut, harusnya disambut dengan positif, apalagi hal itu dalam rangka menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Keluarga besar NU SBB, sangat mendukung dan turut menyukseskan kegiatan SBB bermazmur dan tabliq akbar ini. Kegiatan ini dibuat oleh Polres dan Kodim SBB, maka demi kepentingan umat kita dukung tanpa syarat apapun,”tegasnya.

Selain itu, Pastor Paroki Santa Teresa Piru RD. Goreis Matly mengimbau, dan meminta kepada seluruh umat Katolik di SBB, agar sama-sama berpartisipasi membantu Polres SBB, dalam mensukseskan penyelenggaraan kedua kegiatan tersebut.

“Selaku pimpinan umat Katolik di SBB, siap membantu dan menyukseskan kegiatan SBB Bermazmur dan tabliq akbar ini. Kegiatan sangat luar biasa, sehingga saya minta kepada seluruh umat Katolik agar hadir dan ambil bagian dalam kedua kegiatan ini,”pintahnya.

Ada juga, pimpinan daerah Muhammadiyah SBB, Burhan Tubaka mengapresiasi, pelaksanaan SBB berzmur dan tabliq akbar dalam rangka mempererat dan memperkokoh toleransi serta kerukunan antar umat beragama di kabupaten SBB ini.

“Pertama-tama kita berikan apresiasi yang sangat tinggi untuk pak Kapolres. Kita tidak bisa menyangka bahwa kegiatan keagamaan ini dilaksanakan oleh institusi Polri yang dibantu oleh Kodim 1513 SBB. Ini sesuatu yang sangat langka dan mahal nilainya, sehingga tidak ada celah atau alasan sedikitpun untuk tidak mendukung dan menyukseskan kegiatan ini,”kata dia, terpisah.

Menurutnya, selain itu kegiatan doa bersama ini menjadi sejarah penting di kabupaten SBB, sebab pelaksanaan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan, menjelang momentum Pemilu 2024.

“Jangan kita anggap sebelah mata sebab esensi dan pesan lewat kedua kegiatan sangat luar bisa. Terlebih lagi kegiatan ini untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan, menuju masyarakat yang aman, dan damai,”paparnya.

Tubaka mengatakan, Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, merupakan salah satu orang yang sangat peduli dengan kemajuan SBB ini.

Kalau tidak peduli maka tidak mungkin seorang Kapolres bisa melakukan hal seperti ini. Bahkan pelaksanaan doa bersama-sama dalam bentuk skala besar juga telah dilakukan oleh Polres. Dan jujur orang yang paling iklas memencintai dan mau membangun SBB ini adalah pak Kapolres,

Dikatakan, salah satu kemajuan di SBB, adalah pemeliharaan situasi kamtibmas.

“Kalau daerah ini mau maju, maka harus aman dan damai. Nah hal itu bisa terwujud jika manusia selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, melalui peningkatan ibadah dan berdoa. Nah langkah yang dilakukan oleh pak Kapolres ini, patut untuk kita contohi,”ujarnya.

Untuk itu lanjut Tubaka, Muhammadiyah SBB sangat mendukung dan menyukseskan penyelenggaran kedua kegiatan tersebut.

“Keluarga besar Muhammadiyah SBB, sangat mendukung kegiatan ini. Dengan harapan SBB, kedepan semakin, aman, damai, nyaman, dan maju. Mari kita jadikan SBB sebagai tempat paling nyaman dan damai di Maluku, bahkan di Indonesia,” tutupnya. *CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *