Edukasi Keselamatan, Satlantas Polresta Barelang Himbau Masyarakat Hindari Truck Besar di Jalanan

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Gagasan baru berkaitan dengan keselamatan masyarakat pengguna jalan di Kota Batam, dilakukan oleh Satuan Lalulintas Polresta Barelang, melalui edukasi baru oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang, Kompol I Putu Patti,S.IK,MH, terkait dengan Blind Spot pada kendaraan besar

Hal ini dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang,  mengingat Kota Batam yang terkenal dengan julukan Kota Industri, tentunya aktifitas pemasokan dan pendistribusian alat-alat maupun kebutuhan industri tersebut, rata-rata perusahaan menggunakan kendaraan ukuran besar baik truck gandeng hingga sekelas trailer.

Permasalahan tersebut secara kasat mata, bagi masyarakat Kota Batam sudah tidak asing lagi melihat mobil ini lalu lalang di sepanjang jalanan. Namun disisi lain, berkaitan dengan aktifitas kelancaran lalu lintas di jalan,  banyak masyarakat mengeluhkan keberadaan mobil tronton berkapasitas besar muatan, serta  sang sopir terkesan tidak peduli dengan pengguna jalan lain.

“Edukasi apabila kita bertemu dengan kendaraan tersebut dijalan raya,serta trik untuk masyarakat pengguna jalan raya menghindar apabila berbpapasan dengan kendaraan tersebut. Makna dari Blind Spot sendiri adalah area pandangan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi, dan sebaiknya wajib kita hindari untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas”, tutur Kasat Lantas Polresta Barelang dalam rilisnya kepada Wartawan yang dimuat dariakun Facebook Satlantas Polrest Barelang, edisi Jumat (16/8/2019)

Ia mengatakan, ada 4 titik BLINDSPOT yang sebaiknya perlu dihindara oleh masyarakat, agar hindari apabila berpapasan dengan kendaraan besar tersebut

  1. Posisi didepan kendaraan. posisi ini menjadi area tidak terlihat dikarenakan posisi Sopir berada tinggi diatas kendaraan sehingga tidak bisa memantau langsung area ini.
  2. Posisi sebelah kanan kendaraan, posisi ini juga tidak terlihat juga karena diluar jangkauan dari kaca spion kendaraan sebelah kanan.
  3. Posisi sebelah kiri kendaraan, posisi di area ini juga tidak terlihat dikarenakan juga diluar jangkauan dari kaca spion sebelah kiri.
  4. Posisi belakang kendaraan, posisi ini dianggap paling berbahaya karna sama sekali tidak terlihat oleh supir.

“Sebaiknya hindarilah titik-titik tersebut apabila menemukan kendaraan jenis besar ketika dijalan raya, usahakan kaga konsentrasi, jangan panik, posisikan kendaraan anda agar terlihat oleh supir dan jangan tergesa gesa untuk menyalip, terakhir selalu berkomunikasi dengan membunyikan klakson pendek atau gunakan lampu dim,” ungkap Putu Bayu. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *