Gelar Lat Pra Ops Simpatik Siwalima, Kapolres SBB Himbau Personil Polres Kedepankan Pelayanan Humanis Kepada Masyarakat

Militer Polri

Piru,CakraNEWS.ID- Pelayanan humanis kepada masyarakat, ditengah pandemic Covid-19, menjadi penekanan Kapolres Seram Bagaian Barat, AKBP, Bayu Tarida Butar-Butar saat membuka kegiatan latihan pra Operasi Simpatik Siwalima tahun 2020, yang berlangsung di aula Bhayangkara, Mapolres SBB, Kamis (18/11/2020).

Lat pra Ops Simpatik Siwalima, yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Seram Bagaian Barat (SBB) mengusung tema “ Melalui Lat Pra Ops Simpatik Siwalima, Kita Tingkatkan Kemampuan Personil Dan Sinergita Antar Fungsi Guna Mewujudkan Keamanan, Keselamatan Dan Ketertiban Berlalulintas (KAMSELTIBCARLANTAS), Diwilayah Hukum Polda Maluku”

“Kegiatan Lat Pra Ops Simpatik Siwalima 2020 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas operasi simpatik yang dilaksanakan selama 10 hari. Olehnya itu para peserta agar dapat menyimak materi paparan yang diberikan oleh instruktur sehingga dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan operasi,”tutut Kapolres Seram Bagian Barat.

Kapolres juga menghimbau kepada personil Polres Seram Bagian Barat, agara dalam melaksankan Operasi Simpatik Siwalima, lebih bersifat humanis dalam penanganan pelanggaran kepada masyarakat.

“Hindari pelanggaran dalam pelaksanaan tugas operasi dan bersifat humanis terhadap warga masyarakat, karena Ops Simpatik bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran berlalu lintas oleh karena itu selaku anggota Polri, harus mampu memberikan contoh dan teladan kepada masyarakat,”himbau Kapolres.

Kapolres menuturkan, Operasi Simpatik kali ini dilaksanakan dalam situasi pandemic Covid-19, sehingga salah satu tujuan dalam operasi untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran covid-19 di Kabupaten SBB.

“Oleh karena itu merupakan kewajiban kita untuk memberlakukan protokol kesehatan Covid-19, mengingatkan kepada anggota agar sadar dalam penggunaan kamera pada saat pelaksanaan tugas operasi,”tutur Kapolres SBB.

Menyambung arahan Kapolres Seram Bagian Barat, Kasat Lantas Polres SBB, Iptu Ibrahim Lating, dalam pemaparannya menuturkan, konsep pelaksanaan Operasi Impatik Siwalima 2020, mengedepankan kegiatan preemtif dan preventife 100%

“Dalam pelaksanaan ops simpatik siwalima, target operasi adalah, pemeriksaan terhadap orang, barang dan benda, saat berlangsungnya pelaksanaan operasi simpatik siwalima.Lakukan Operasi dengan santun, sopan dan humanis. Sasaran potensi gangguan, ambang gangguan dan ancaman factual,”ucap Iptu Ibrahim Lating.

Lating menuturkan, operasi simpatik bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas di massa pandemik.

“Cara bertindak dengan mengedepankan pendidikan masyarakat (DIKMAS) Lalulintas melalui kerjasama dengan media massa dan kampanye pada sekolah-sekolah,”tutur Kasat  Lantas Porles SBB.

Ditempat yang sama Kabag Ops Polres SBB, AKP V. Goleng, juga menyampaikan, apa yang disampaikan oleh Kapolres merupakan dasar dan acuan pelaksanaan operasi.

“Berikan pemahaman dan teguran secara humanis kepada kendaraan yang melakukan pemuatan secara berlebihan sehingga dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu lintas,”tutur Kabag Ops Polres SBB. (CNI-03)

Video:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.