Gubernur Maluku Ingatkan TNI-Polri, Deteksi Dini Aksi Meresahkan Masyarakat Pada Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Gubernur Maluku,Irjen Pol (Purn), Murad Ismail,  mengingatkan personil TNI-Polri yang ada di Maluku agar dapat melakukan deteksi dini aksi yang meresahkan masyarakat, pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Harapan tersebut, diungkapkan Gubernur Maluku saat menjadi inspektur upacara(IRUP), pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Siwalima 2021, yang berlangsung di lapangan upacara Polda Maluku, Letkol Pol (Purn), CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Kamis (23/12/2021).

Pelaksanaan Operasi Lilin Siwalima 2021, melibatkan sebanyak 7,043 personil gabungan TNI-Polri,yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaaan Natal dan Tahun Baru di Maluku.

Kegiatan apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs, Murad Ismail, di hadiri oleh Waka Polda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda Kombes Pol Edy Yudianto, pimpinan Forkopimda atau yang mewakili dan seluruh pejabat utama Polda Maluku.

“Atas nama pemerintah provinsi Maluku  kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan apel gelar pasukan dan pengamanan ops Lilin Siwalima 2021,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Mantan Dankor Brimob Polri itu berharap agar kegiatan ini tidak dianggap sebagai operasi tahunan yang biasa, sehingga dalam pelaksanaannya tidak dilakukan secara maksimal.

“Seluruh kasatwil agar dapat mengambil langkah yang tepat dan efektif dalam mengatasi semua gangguan kamtibmas yang ada sesuai dengan karakteristik kondisi dan situasi di lapangan saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,” pintanya.

Kepada seluruh personel pengamanan, diharapkan dapat menyiapkan mental, fisik dan menjaga kesehatan. Niatkan tugas yang dilaksanakan sebagai ibadah.

Murad juga meminta untuk dilakukan deteksi dini agar bisa mencegah semua aksi yang dapat meresahkan masyarakat. Caranya dengan meningkatkan kepekaan dan kesiapsiagaan terhadap setiap aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momen perayaan Natal dan Tahun Baru.

Gubernur juga meminta personel pengamanan agar dalam bertugas dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjalankan tugas secara profesional.

“Bagi mereka pelanggar hukum agar lakukan tindakan tegas dan terukur serta humanis,” pintanya.

Mantan Kapolda Maluku ini meminta seluruh personel pengamanan agar dapat menjadi teladan dan contoh yang baik dalam menerapkan protokol kesehatan. Jadilah panutan di tengah-tengah masyarakat untuk mencegah penularan covid-19 di wilayah Maluku.

Untuk diketahui, dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Siwalima 2021, Polda Maluku juga menerima bantuan 1 unit drone, 10 water barier, 40 rompi keselamatan, 10 helm standar dan 10 jas hujan dari PT Jasa Raharja cabang Maluku.

Bantuan yang langsung diserahkan oleh Kepala Jasa Raharja Maluku ini diterima oleh Wakapolda Maluku di Tribun Lapangan Polda Maluku, Letkol Pol CHR Tahapary, Tantui Ambon. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *