Hadiri Persidangan Jemaat GPM Pandan Kasturi, Kapolda Maluku Gugah Hati Umat Kristen Taat Ajaran Agama

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Kunjungan rohani dalam kehidupan umat beragama di Maluku, terus dilakukan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, M.Si.

Sebagai seorang Jenderal Polisi yang taat kepada ajaran agama, kunjungan rohani, tidak hanya dilakukan oleh Kapolda Maluku pada satu komunitas umat beragama, melainkan seluruh kehidupan umat beragama di Maluku beragama di kunjunginya.

Hal inilah yang diungkapkan Kapolda Maluku saat menghadiri persidangan ke-45 Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Pandan Kasturi Ambon, Minggu (1/3/2020). Menurutnya pembentukan karakter manusia yang efektif adalah dari rumah ibadah.

“Sejak kehadiran saya (Kapolda) di Maluku, hampir sejumlah rumah ibadah, baik muslim maupun nonmuslim telah dikunjungi. Kunjungan itu dilakukan selain sebagai silaturahmi juga wujud untuk membangun dan membentuk karakter manusia yang baik, sesuai dengan perintah dari seluruh agama yang ada,” kata alumni Akpol 1986 ini.

Menurut Kapolda, seluruh agama mengajarkan tentang kebaikan, hanya saja ada sebagian umatnya-lah yang salah menafsirkan tentang ajaran agama itu sendiri.  Tentunya rumah ibadah merupakan tempat yang sangat ampuh untuk membentuk dan menciptakan manusia-manusia yang bermoral.

“Yang terlihat selama ini, hanya raga yang dibangun sementaranya jiwanya belum. Padahal untuk menjadi manusia yang baik harusnya jiwa dan raga dibangun bersamaan, dan itu dimulai dari rumah-rumah ibadah,” papar mantan Karo Paminal Divisi Propam Polri itu.

Selain itu menurut Kapolda, Polisi yang dekat dengat rumah ibadah pasti mengedepankan mata hati dalam melaksanakan tugas serta tidak menyakiti hati masyarakat.

Diakhir sambutan, Kapolda menyampaikan dalam waktu dekat akan ada penerimaan Bintara, Akpol dan Tamtama, dan proses rekrutmen dipastikan bersih. Kapolda berharap bila ada anggota yang meminta uang dari masyarakat atau tidak bersih, agar dilaporkan dan dipastikan akan ditindak dengan tegas.

Disisi lain, kehadirian Kapolda Maluku, dalam persidangan ke-45 Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Pandan Kasturi Ambon disambut dengan sukacita oleh seluruh jemaat.

Ketua panitia persidangan ke-45, Boedewin M. Watimena memberikan, apresiasi yang tinggi atas kehadiran orang nomor satu di Polda Maluku.

Wattimena mengaku, sepanjang sejarah persidangan GPM baru pertama kalinya dihadiri oleh Kapolda yang beragama muslim.

“Mewakili jemaat GPM Pandan Kasturi merasa terhormat dengan kehadiran bapak Kapolda ke gereja kami, karena sejak gereja ini jadi, baru pertama kali Kapolda hadir dalam gereja kami, dan Kapolda seorang muslim yang kuat dengan ibadahnya,” kata Wattimena, yang juga Plt Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, dihadapan para jemaat, Minggu (1/3/2020).

Menurutnya, Irjen Baharudin Djafar merupakan tokoh yang patut dicontohi oleh seluruh lapisan masyarakat di bumi seribu pulau ini.

“Kita yakin sungguh ada pencerahan-pencerahan dan pesan-pesan yang baik bagi seluruh umat khususnya peserta dan jemaat yang hadir dalam persidangan ini,” paparnya.

Dia berharap, silaturahmi yang dilakukan oleh Kapolda ini dapat berjalan untuk seterusnya.

“Semoga tidak sampai disini, tetapi hubungan baik ini akan terjalin untuk selamanya,” Pintanya. (CNI-01).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *