Imunitas Bangsa Turun-KNPI SBB Minta Pemerintah Berdamai Dengan Covid-19

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID– Upaya memperjuangkan kemerdekaan di masa lalu dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Terutama kaum muda. Karenanya, momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republlik Indonesia (RI) harus dijadikan momentum bagi masyarakat Maluku khususnya Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) memperkuat ketahanan nasional. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Karateker KNPI SBB, Dominggus J Risapautty, Rabu (11/08).

Dikatakan, berangkat dari pengamatan dan diskursus yang berlangsung di internal kaum muda yang berhimpun di KNPI SBB. Pria berlatar belakang pengusaha itu menilai, proses demokrasi di kabupaten bertajub Saka Mese Nusa ini tengah mengalami ujian tidak kecil.

Dominggus melihat ada kecenderungan demokratisasi politik mendistorsi tradisi atau adat, nilai dan sendi kebangsaan.

“Satu diantaranya, disebabkan oleh, langkah dan kebijakan elite politik yang tidak jarang memicu kegaduhan di ruang publik. Terlebih kurangnya pengetahuan politik sehat di masyarakat luas,” akuinya.

Untuknya, Dominggus meminta kalangan muda di kabupaten SBB untuk tampil di garda terdepan mengedukasi masyarakat.

“Jika kekompakan serta dorongan yang baik oleh para elit pemerintahan, tentu ketahanan bangsa akan terjamin. Hal ini perlu dilakukan di kabupaten tercinta ini,” paparnya.

Ketahanan bangsa saat ini, kata Dominggus, makin terkoyah dengan adanya pandemic covid 19. Covid 19 mempengaruhi sendi-sendi kehidupan berbangsa.

Dirinya mengajak pemuda Saka Mese Nusa untuk mendorongan pemerintah baik kabupaten, Provinsi hingga Pemerintah Pusat agar mau berdamai dengan pandemic dunia Covid 19.

Dijelaskan, Pandemi Covid-19 telah menyerang dunia lebih dari setahun lamanya. Pandemi ini telah membuat lumpuh aktivitas manusia dan berimbas pada resesi massal ekonomi dunia.

Setelah lebih dari setahun, nyatanya Covid-19 belum saja menunjukkan tanda-tanda menghilang dari muka bumi. Meski kampanye vaksinasi digalakkan, jumlah kasus belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Yang terjadi, bahkan, beberapa wilayah melaporkan lonjakkan kasus yang cukup tinggi.

“Hal ini membuat beberapa negara mengambil inisiatif untuk mencoba hidup berdampingan dengan corona. Langkah ini diambil agar kegiatan masyarakat dapat kembali pulih seperti biasa seperti masa pra-pandemi.”

“Kita harusnya berkaca dari negara negara lainnya yang sudah dan telah siap ‘berdamai’ dengan Covid,” tegasnya.

Dominggus mencotohkam, Singapura, Inggris, Amerika, Australia bahkan negara pencipta covid 19 RRC.

“Saya mengajak pemuda untuk suarakan untuk pemerintah berdamai dengan covid. Kita kembalikan lagi ketahanan bangsa dalam momentum 75 Tahun NKRI,” pungkasnya. (CNI-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *