PT PLN Persero, Perpanjang Subsidi Listrik Gratis Untuk Masyarakat

Pemerintahan

Jakarta,CakraNEWS.ID- Program subsidi listrik gratis untuk pengguna daya 450 Volt Amper, dan diskon 50% untuk pengguna daya 900 WA, dikabarkan akan diperpanjang oleh PT PLN Persero. Kebijakan itu berlaku baik pelanggan PLN pascabayar maupun prabayar.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyebut, keputusan untuk memperpanjang subsidi listrik sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Kami memutuskan perpanjang subsidi hingga akhir tahun,” ungkap Rida dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (11/8/2020), di kutip CakraNEWS.ID dari laman PMJNEWS.

Rida menuturukan, selama pemberian stimulus ini, jumlah pelanggan penerima stimulus bersifat dinamis. Menurutnya, untuk golongan 450 VA, pelanggan yang menerima stimulus mencapai 24,16 juta. Sementara itu, untuk golongan 900 VA, ada 7,72 juta pelanggan yang menerima stimulus.

“Kami sudah bahas, anggaran yang perlu dikeluarkan pemerintah yaitu Rp 12,18 triliun untuk sembilan bulan dan ini sudah disepakati, khususnya dengan Kementerian Keuangan,” katanya.

Di samping rumah tangga, pemerintah memperpanjang subsidi listrik untuk UMKM dan industri kecil menengah. Perpanjangan ini khusus untuk golongan 450 VA. Sekarang, ada 501.000 pelanggan bisnis 450 VA dan 433 pelanggan industri 450VA yang akan mendapatkan perpanjangan subsidi listrik. Pemerintah memperkirakan perpanjangan subsidi untuk pelanggan UKM dan industri kecil ini membutuhkan biaya Rp 151 miliar selama delapan bulan.

“Untuk program ini, tidak seperti rumah tangga pertama. Ini langsung enam bulan, dari Mei sampai Oktober. Subsidi ini diperpanjang dua bulan sampai Desember 2020,”pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *