Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK, Dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama Dari Kapolri

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kesetiaan dan pengabdian dalam menjalankan tugas negara sebagai Bhayangkara Polri, di Tanah Bunda Melayu Provinsi Kepulauan Riau, mengantarkan Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama (BBP) dari Kepala Kepolisian RI, Jenderal Polisi Idam Aziz, Jumat (6/12/2019).

Informasi yang diterima CakraNEWS.ID dari Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK,pada Rabu (11/2019) mengatakan, Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama tersebut, sebagaimana terlampir dalam Surat Telegram Kapolri,Nomor: ST/3244/XII/KEP/2019, Tanggal 6 Desember 2019. Serta lampiran Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 65/TK/Tahun 2019 tentang penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara. Dan peraturan Kapolri nomor: 4 tahun 2012 tentang tata cara pengajuan tanda jasa dan tanda kehormatan.

Dalam Surat Telegram Kapolri,Nomor: ST/3244/XII/KEP/2019, Tanggal 6 Desember 2019, nomor dua puluh terlampir nama Irjen Pol Andap Budhi Revianto S.I.K, NRP 66060638 Kapolda Kepri. Bersama dengan dua puluh enam Perwira Tinggi Polri

Bintang Bhayangkara (Sanskerta: bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit) adalah bintang penghargaan yang dianugerahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok. Bintang Bhayangkara dibagi dalam tiga kelas yaitu:

  1. Bintang Bhayangkara Utama
  2. Bintang Bhayangkara Pratama
  3. Bintang Bhayangkara Nararya

Bentuk Bintang Bhayangkara berbentuk seperti dilukiskan dalam gambar, ialah sebuah bintang berhias yang bersudut lima dengan garis tengah 45 mm, di sebelah muka terdapat perisai Kepolisian. Bintang Bhayangkara Utama disertai Patra yang bentuk dan kombinasi warnanya sama dengan bintangnya, berukuran garis tengah 75 mm.

Bintang Bhayangkara Utama mempunyai bintang dan hiasan sinar-sinar yang dibuat dari logam berwarna emas, sedangkan lingkaran yang terdiri dari padi dan kapas, pita dengan tulisan Bhayangkara dan ketiga bintang kecil serta perisai lambang Kepolisian dibuat dari logam berwarna perak. Bintang Bhayangkara Pratama mempunyai bintang dan hiasan sinar-sinar yang dibuat dari logam berwarna perak, sedangkan lingkaran yang terdiri dari padi dan kapas, pita dengan tulisan Bhayangkara dan ketiga bintang kecil serta perisai lambang Kepolisian dibuat dari logam berwarna emas.

Bintang Bhayangkara Nararya dibuat seluruhnya dari logam berwarna perak. Di sebelah belakang Bintang terdapat tulisan Republik Indonesia. Pita untuk Bintang Bhayangkara Utama berupa Pita Kalung sedang untuk Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya berupa Pita Gantung, yang mempunyai warna dasar hitam dan 6 lajur yang berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Utama, 5 lajur berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Pratama dan 4 lajur yang berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Nararya.

Pita Kalung tersebut berukuran lebar 35 mm, sedangkan puta gantung berukuran lebar 35 mm dan panjang 40 mm. Pita harian daripada Bintang Bhayangkara berwarna sama dengan pita tersebut di atas dengan ukuran panjang 35 mm dan lebar 10 mm.

“Selaku Kapolda Kepri, Saya bersyukur atas penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, semua tentunya tidak terlepas pisahkan dari dukungan seluruh jajaran Polda Kepri serta masyarakat Kepri yang telah bersama-sama Polda Kepri menyukseskan tugas-tugas Polri di Kepulaun Riau,”tutur Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *