Jadi Irup HUT Satpam Ke-63, Waka Polda Kepri Sampaikan 6 Pedoman Kapolri

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satuan Pengamanan (SATPAM), se-Indonesia dengan tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan Dilingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

HUT Satpam ke-39 di Provinsi Kepri yang berlangsung di lapangan upacara Mapolda Kepri, dipimpin oleh Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah selaku Inspektur Upacara, Rabu (22/1/2020).

“Selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangsa Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh anggota Satpam yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia. Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Kapolri, Jenderal Polisi Idam Azis dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Waka Polda Kepri.

Kapolri juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Satpam, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan serta segenap stakeholder terkait lainnya atas kerja sama sinergis dalam memelihari stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Semoga sinergritas ini senantiasi terpelihari dengan baik dan ditingkatkan.

“Dalam momentum yang penuh kehormatan ini marilah kita sejenak mengenang  dan mendoakan Kapolri ke-8 sekaligus Bapak Satpam Indonesia Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof Awaludin Jamil M.Pa yang berjasa besar dalam membentuk dan mengembangkan serta memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia. Semoga sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian perjuangan dan prestasi Beliau  dalam setiap pelaksanaan tugas teriring doa semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi ALLAH SWT,”pinta Kapolri.

Kapolri mengatakan, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas. Oleh karena itu setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan ganguan Kamtibmas di lingkungan kerja.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas Pemerintah khususnya dalam memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi  yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

“Dengan demikian profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,”ucap Kapolri.

Kapolri mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan HUT Satpam ke-39, “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan Dilingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”, sangatlah selaras dengan kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas.

Waka Polda Kepri juga menyampaikan 6 himbauan Kapolri yang menjadi pedoman kepada Satpam

  1. Senantiasa jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan Maha Esa.
  2. Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam.
  3. Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas.
  4. Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.
  5. Tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.
  6. Gelorakan budaya penanaman pohon dilingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.

Upacara peringatan HUT Satpam ke-39  yang berlangsung di Mapolda Kepri tersebut, ditutup dengan atraksi bela diri dan penampilan drum band. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *