Jalur Tol Laut Masuk SBT, Rumalutur: Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Adventorial News

Resmikan Operasional Tol Laut KM Khendaga Nusantara 9, Rumalutur : Peningkatan Ekonomi SBT

Bula, CakraNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), meresmikan secara perdana pelayanan Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9 di Pelabuhan Sesar, Kota Bula, Senin (07/02/2022).

Penyambutan dan peresmian operasional tol laut yang merupakan program Presiden tersebut di lakukan secara langsung oleh Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, didampingi Wakil Ketua II DPRD SBT Ahmad Voth, Plt. Sekda SBT Jafar Kwairumaratu, Kapolres SBT Andre Sukendar, Kejari SBT Muhammad Ilham serta Pimpinan OPD Lingkup Pemda SBT.

Wakil Bupati Idris Rumalutur dalam sambutannya menyampaikan, Kapal dengan kode trayek T-29 adalah layanan khusus di wilayah Provinsi Maluku dengan rute yang telah ditetapkan dan merupakan sebuah program tol laut yang sebelumnya sudah menjadi wacana Pemerintah Pusat di beberapa tahun yang lalu dan bagian dari misi Presiden untuk membuka daerah keterisolasian yang ada di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kata Wakil, Sesuai dengan Keputusan Presiden beroperasinya kapal tol laut ini dalam rangka untuk mempermudah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang perekonomian.

“Pemerintah menyediakan sarana yaitu tol laut yang biasanya kita kenal adalah kapal-kapal Sabuk yang selama ini secara reguler beroperasi di beberapa pelabuhan, tapi tol laut semacam ini ada macam-macam misi tertentu yang di bangun pemerintah untuk masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Wakil Bupati juga menceritakan pengalamannya saat mengirimkan barang dari Surabaya dimana saat itu jumlah barangnya dihitung berdasarkan meter kubik dengan menghabiskan anggaran yang begitu besar.

“Kita harus bersyukur karena sebelumnya kita mengirim barang sedikit saja sudah makan anggaran sekitar 2 sampai 3 juta, kalau yang ini satu kontainer hanya berkisar 4 juta luar biasa murahnya,” pungkas Rumalutur.

Dikatakannya, dengan hadirnya tol lau KM Khendaga Nusantara 9 ini menjadi bagian dari membantu pedagang serta masyarakat yang terlibat dalam perekonomian dan mendapatkan manfaat dari kehadiran kapal ini.

Diharpakan Pemerintah Daerah, Kata Wakil, agar seluruh pengusaha yang ada di Kabupaten SBT dapat memanfaatkan kesempatan hadirnya KM Kendhaga Nusantara 9 untuk kedepannya meningkatkan Pendapan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten SBT serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

“Atas nama pemerintah daerah menyampaikan banyak terima kasih kepada Pimpinan dan cruw KM Kendhaga Nusantara 9, dimana kehadirannya untuk menambah fariasi perdagangan dan juga ada ketersambungan dalam masalah pelayaran,” akui Rumalutur.

Dia menambahkan, hadirnya tol laut diharapkan dapat meningkatkan manajemen logistik dan digitalisasi bisnis bagi pelaku usaha yang berada di SBT serta memberi kesempatan para pengusaha daerah untuk memasarkan berbagai macam produksi lokal ke luar daerah.

“Kehadiran kapal ini juga ketika rute perjalanan dari Bula menuju Surabaya juga membawa muatan khas Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa yang menjadi bagian dari misi kapal tol laut KM Khendaga Nusantara 9,” ujarnya.

Lanjutnya, “Para pedagang agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin sarana yang telah disediakan oleh pemerintah, ada semacam subsidi disana maka inilah kita tangkap secepat mungkin,” kata Rumalutur mengakhiri sambutannya.*** CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.