Kadis Pertanian dan PPL Kabupaten SBB, Cuek Masalah Gagal Panen Petani Waihatu

Pemerintahan

PIRU,CAKRANEWS.ID- Puluhan Kepala Keluarga yang berprofesi sebagai petani yang berada di Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat keluhkan ancaman hama yang menyerang tanaman Padi dan Palawija sehingga terancam gagal dan merasa rugi puluhan juta rupiah.

Selain keluhan serangan hama yang merusakan taman Palawija dan Padi hingga mengakibatkan gagal panen, petani Desa Waihatu juga diperhadapakan dengan penurunan harga sayur dipasaran yang terkesan sangat murah  dengan hasil jual dari petani.

Menurut Im yang berprofesi sebagai petani mengatakan sebenarnya di Desa Waihatu sendiri ada petugas penyuluhan dari Dinas Pertanian namun terkesan acuh atas keluhan petani dengan serangan hama pada tanaman padi dan palawija.

“Seharusnya pihak penyuluhan mencari solusi bukan acuh dengan keluhan petani. Petani tidak bisa pecahkan sendiri” Ungkap Im Kepada Cakranews.id. Rabu (27/2/2019)

Lanjutnya, ini tidak ada penanganan dari Dinas Pertanian dan tim penyuluhan dan sampai saat ini tidak ada tanggapan apapun dari mereka. Dan anehnya permasalahan yang alami oleh para petani Desa Waihatu dan telah disampaikan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Barat, sama sekali tidak  digubrik dan terkesan menutup mata dengan permasalahan yang dialami oleh masyarakat tersebut.

“Petani ini ada yang mengeluh, selama ini tim penyuluhan hanya lewat dan melihat tanaman padi dan palawija yang rusak yang terserang hama atau penyakit tanpa kasih solusi apapun untuk para petani. Seharusnya kalau ada macam penyakit seperti ini harus cepat cepat di tanggulangi bukan diam dan acuh apa yang dikeluhkan petani,” Kesalnya

Ia mengatakan, tidak hanya disampaikan ke para penyluhan pertanian  masalah tersebut telah dilaporkan para petani kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten SBB namun sama sekali tidak digubris. ” Pak Kadis tinggal dengan kami disini, pastinya taulah apa yang saat ini dialami petani Desa Waihatu, Pasti ada juga petani yang pernah mengeluh Kepala Kadis dan Para Penyuluh seharusnya ada penanganan atau ada langka untuk penanggulangan namun ini tidak ada sama sekali. Kami para petani Desa Waihatu sangat membutuhkan solusi dari Kadis Pertanian dan Petugas Penyuluhan yang saat ini berada Desa Waihatu untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang Padi dan Tanaman Palawija yang dikeluhkan kami petani Desa Waihatu,” Harapnya. (CNI-Fitra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.