Kado Akhir Tahun 2022, 599 Personel Polda Maluku Dan Polres/Polresta Jajaran Naik Pangkat

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-Penutupan tahun 2022, menjadi kado terindah bagi personel Polda Maluku dan jajaran Polres dan Polresta yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Kenaikan pangkat periode 1 Januari 2022, di ikuti oleh 599 orang personel Polda Maluku  bersama jajaran Polres dan Polresta. Satu diantaranya naik pangkat dari Komisaris Besar ke Brigadir Jenderal Polisi.

Upacara laporan kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (31/12/ 2023). Turut hadir dalam upacara laporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi tersebut yaitu para Pejabat Utama Polda Maluku.

Hadir pula personel yang dinaikan pangkat. Khusus untuk kenaikan pangkat Perwira Tinggi mengikuti upacara kenaikan pangkat di Mabes Polri,Jakarta. 599 personel yang dinaikan pangkat terdiri dari Polda Maluku sebanyak 192 orang; Perwira Tinggi 1, Perwira Menengah 7, Perwira Pertama 30, Bintara 145 dan Tamtama 2 orang. Untuk personel di Polres dan Polresta jajaran, sejumlah 407 orang dinaikan pangkat. Mereka terdiri dari Perwira Menengah 14, Perwira Pertama 45, dan Bintara 355 orang.

Naik pangkat dari AKBP ke Kombes Pol 3 orang (Polda); Kompol ke AKBP 6 orang (Polda); AKP ke Kompol 12 orang (reguler 10 dan pengabdian 2 – Polda 5 dan Polres 7 orang); IPTU ke AKP 26 orang (Polda 12 dan Polres 14); IPDA ke IPTU 49 orang (Polda 18 dan Polres 31 orang); AIPDA ke AIPTU 8 orang (Polda 4 dan Polres 4 orang); Bripka ke AIPDA 270 orang (Polda 97 dan Polres 173 orang); Brigadir ke Bripka 156 orang (Polda 30 dan Polres 126 orang); Briptu ke Brigadir 17 orang (Polda 11 dan Polres 6 orang); Bripda ke Briptu 49 orang (Polda 3 dan Polres 46 orang); Bharatu ke Bharaka 1 orang (Polda); dan Bharada ke Bharatu 1 orang (Polda).

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam amanatnya menyampaikan, pangkat merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh organisasi kepada personel atas prestasi, dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama ini. Disamping itu pangkat juga merupakan bentuk keabsahan wewenang dan tanggung jawab yang dibebankan kepada setiap personel sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Kenaikan pangkat bukanlah suatu hak, namun kenaikan pangkat adalah prestasi kerja yang diraih melalui proses dan mekanisme secar berjenjang. Kenaikan pangkat juga atas penilaian pimpinan kepada anggota yang teruji kualitas dan kemampuannya dalam mengemban tugas dan kewajiban yang diberikan. Sehingga tidak semua usulan kenaikan pangkat dapat diproses dan disetujui karena berbagai pertimbangan dan alasan.

“Pada periode 1 januari 2023 ini, personel Polda Maluku yang naik pangkat berjumlah 599 orang,” kata Kapolda.

Atas nama Kapolda beserta staf dan Bhayangkari, Irjen Latif menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel yang telah dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

Kapolda berharap agar para personel yang dinaikan pangkat dapat meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas masing-masing, “sehingga menjadi personel Polri yang unggul untuk transformasi Polri menuju Polri yang presisi,” katanya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda menekankan beberapa hal sebagai pedoman untuk pelaksanaan tugas ke depan. Para personel diingatkan untuk terus tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Karena kenaikkan pangkat merupakan anugrah yang diberikan Tuhan kepada saudara-saudara,” ungkapnya.

Kapolda meminta agar dapat menjadikan kenaikan pangkat sebagai kebanggaan dan kebahagiaan keluarga, karena atas dukungan serta doa keluarga, anugerah itu bisa diraih.

“Laksanakan tugas dan kewajiban kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh semangat dan niat sebagai ladang ibadah bagi kita semua,” pintanya.

Para personel diminta untuk selalu merespon setiap keluhan masyarakat khususnya ketidakpuasan dalam pelayanan publik atau penegakan hukum. Berikan penjelasan secara utuh dan transparan.

“Hindari perbuatan yang dapat merugikan dan merusak nama baik institusi, keluarga dan diri sendiri. Dan paling terakhir, saya sampaikan dan mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dengan apa yang telah diberikan kepada kita dan memberikan yang terbaik terhadap institusi Polri yang kita cintai,” harapnya. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *