Kapal Aventandor Berbendera Mongoli, Terbakar di Perairan Batu Ampar- Batam

Hukum & Kriminal

Kepri,CakraNEWS.ID– Diduga akibat arus pendek listrik mengakibatkan meledaknya mesin generator,hingga mengakibatkan ruangan dek 2 Kapal MV Aventador berbendera Mongoli milik Agen Sinar Mandiri Sejahtera ,yang sedang berlabuh disekitar pelabuhan Batu Ampar terbakar, Sabtu (15/12/2018),sekitar pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol.S.Erlangga, kepada wartawan dalam rilisnya, Sabtu (15/12/2018) mengatakan, terbakarnya kapal Aventador yang sedang berlabuh di seputaran perairan 01°09’52″U-103°58’42″T, pelabuhan Batu Ampar, lantaran diduga adanya arus pendek listrik pada mesin generator yang meledak dan membakar ruangan  dek 2 Kapal tersebut.

Terbakarnya kapal MV Aventador tersebut bermula ketika pukul 07.30 WIB, saat Anak Buah Kapal (ABK) menghidupkan mesin generator listrik, kemudian pada pukul 08.00 WIB, terjadi sebuah ledakan di deck 2 (generator) membuat  percikan nyala api hingga membakar material disekitar generator.

“Nyala api yang mulai membesar dan membakar material di sekitar generator, berusaha di padamkan oleh ABK kapal MV Aventandor dengan menggunakan pemadam poteble (foam) 5 buah botol pemadam namun belum bisa padam. Melihat nyala api yang memulai membesar dan membakar ruangan dek 2 Kapal, membuat kemudian Nahkoda Kapal akhirnya memanggil stasiun VTS chanel 16, Kapal Airud, Kapal KPLP, KRI,Tug Boat. untuk meminta pertolongan pemadam kebakaran. Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan oleh petugas TNI dan Polri yang mendatangi kapal,” tutur Erlangga.

Perwira Polri berpangkat tiga melati itu mengatakan, dari kejadian terbakaranya, kapal MV Aventandor tersebut, 5 cruw berhasil diselamatkan oleh regu penolong TNI/Polri, diantaranya, Kapten Kapal Ari Sahputra, (34 tahun), KKM Didik Junianto, (56 tahun), Juru Mudi, Satrio Nur, Juru Mudi Saripudin, (40 tahun), dan Oiler Yusdiansyah, (47 tahun).

“ Hingga kini terbakarkanya kapal MV Aventandor, masih dalam proses penyelidikan oleh Polisi,”Ucapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.