Kapolda Maluku Turun Langsung Bersama Personil TNI Dan Masyarakat, Bersihkan Sampah Di Pantai Ambon

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Masalah sampah yang di buang sembarangan oleh masyarakat di pesisir pantai, mendapat perhatian dari Kapolda Maluku, Irjen Pol.Lotharia Latif. Bentuk perhatian tersebut, dilakukan Kapolda Maluku dengan turun langsung membersihkan sampah yang ada di kawasan pantai Larie, Desa Passo, Kota Ambon.

Aksi bersih sampah di pantai, oleh Kapolda Maluku bersama Pejabat Utama Polda Maluku, merupakan rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari Bhayangkara Polri ke-77. Kegiatan tersebut turut melibatkan personel dari TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, beserta masyarakat yang mendiami kawasan sekitar, kelompok peduli lingkungan maupun mahasiswa KKN Universitas Pattimura Ambon.

Kapolda Maluku Lotharia Latif mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu Pemerintah Daerah, terutama masyarakat yang hidup di sekelilingnya.

Kebersihan lingkungan, kata Kapolda, sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Apalagi pada musim penghujan saat ini yang dapat menimbulkan penumpukan sampah pada pesisir pantai.

“Kegiatan bersih bersih pantai yang kita laksanakan saat ini bukan hanya sebagai seremonial saja, kita laksanakan ini bersama dengan masyarakat sekitar dan  kelompok-kelompok peduli lingkungan yang secara rutin melaksanakan pembersihan pantai saat ini,” katanya.

Irjen Latif mengaku pembersihan pesisir pantai saat ini tidak langsung membuat seluruh kawasan pantai menjadi sangat bersih. Karena faktor alam dapat membuat kembali terjadi penumpukan sampah, bahkan yang paling utama adalah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Kalau dari alam tidak bisa dihindari, kalau dari perilaku untuk menjaga kebersihan itu yang harus kita tanamkan dari dalam diri kita sendiri, jangan membuang sampah sembarangan dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya yang telah disiapkan, bahkan kita membuang sampah itu jenisnya, baik sampah organik maupun non organik,” pintanya.

Ambon, lanjut Kapolda, merupakan salah satu kota wisata di Maluku. Olehnya itu, kebersihan kota harus dijaga dengan baik. Masyarakat agar jangan membuang sampah secara sembarangan.

“Perlu diketahui bahwa Ambon ini adalah salah satu pariwisata yang mengandalkan alam dan salah satu syarat keindahan pantai adalah dengan kebersihannya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Polairud. “Setitik pekerjaan yang kita lakukan hari ini setidaknya dapat membantu masyarakat dan bisa menjaga kebersihan lingkungannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain di pantai Larier Passo, bersih-bersih pantai juga dilakukan serempak di kawasan Tanjung Martha Alfons, Desa Poka Ambon. Bersih-bersih pantai melibatkan personel Polda Maluku dan dari TNI yakni Den Zipur 5 Kodam XVI/Pattimura dan Lantamal IX/Ambon beserta masyarakat sekitar. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *