Kapolri Pimpin Upacara Purna Tugas Satgas FPU 3 Minusca

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara purnatugas 140 personel Satgas FPU 3 Minusca yang berlokasi di lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Kamis (13/10/2022).

Ke-140 personel Satgas FPU 3 Minusca telah bertugas dalam misi perdamaian internasional dibawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Satgas FPU 3 Minusca ditempatkan di Bangui, Republik Afrika Tengah selama satu tahun.

Selain 140 personel Satgas FPU 3 Minusca, upacara turut diikuti oleh Pejabat Utama Mabes Polri, perwakilan dari Komisi 3 DPR RI, Kemenlu RI, PMPP TNI, Kompolnas, dan personel Mabes Polri.

“Selamat datang kembali kepada 140 personel kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 3 Minusca ke Tanah Air tercinta dengan selamat, sehat dan tanpa kekurangan satu apapun,” Ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada sambutannya.

Sebagai informasi, tugas Satgas FPU 3 Minusca pada misi perdamaian internasional salah satunya adalah membantu pengungkapan pembantaian masal, mengamankan pemilu di Bangui Afrika Tengah serta menahan anggota kelompok pemberontak.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri menjelaskan bahwa Polri telah berpartisipasi dalam 18 misi PBB pada 16 negara, dengan melibatkan 3.148 personel, 2.946 Polki (Polisi laki-laki) dan 202 Polwan (Polisi wanita) untuk menjadi pasukan perdamaian atau peacekeeper.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 3 Minusca atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas dalam menjalankan misi perdamaian internasional selama satu tahun dengan sangat baik dan membanggakan”, ungkap Kapolri.

Kapolri mengatakan, Kontribusi dan peran aktif Polri, dalam misi memelihara perdamaian internasional menempatkan Indonesia dalam 10 besar negara yang mengirim Satgas dalam misi perdamaian internasional.

“Teruslah menjadi inspirasi dan teladan bagi para personel lainnya dengan selalu menujukkan kompentensi, menunjukkan kinerja yang optimal dalam setiap pelaksanaan tugas kedepan sebagaimana transformasi menuju Polri yang Presisi, yaitu Polri yang humanis, dekat dan dicintai masyarakat,” Tutup Kapolri.

Atas kontribusinya, kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 3 Minusca mendapatkan tanda kehormatan. Penganugerahan Satyalancana Bhakti Buana diberikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Diinformasikan, penghargaan Satyalancana Bhakti Buana diberikan kepada anggota Korps Bhayangkara yang telah melaksanakan tugas kepolisian internasional di luar negeri. Sementara itu, ratusan personel Polri terpilih tersebut telah usai menjalankan misi perdamaian dunia di wilayah Republik Afrika Tengah selama 12 bulan.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.