Kemendagri Gelar Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pemda Tahun 2023

Adventorial News

Lokakarya Best Practice Peningkatan Kapasitas Pemda Dan Bumdam Dalam Mewujudkan Pemenuhan Akses Layanan Air Minum Di Daerah Tahun 2023, 24 – 27 Oktober 2023.

Jakarta, CakraNEWS.ID– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) menggelar Lokakarya (best practices) Peningkatan Kapasitas Pemda dan BUMDAM (BUMD Air Minum) dalam Mewujudkan Akses Layanan Air Minum di Daerah, dalam kerangka program National Urban Water Supply Project (NUWSP).

Agenda yang menargetkan sejumlah pejabat daerah maupun pusat menjadi peserta tersebut dimulai, Selasa 24 Oktober 2023 hingga Jumaat 27 Oktober medatang.

Informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sarana atau wadah sharing/berbagi informasi antara peserta NUWSP 2020-2023 perihal kiat-kiat dan kisah sukses pelaksanaan SPAM di daerah masing-masing yang bersumber dari para pihak penyelenggara urusan air minum di daerah.

Ini juga sebagai momentum memberikan apresiasi kepada daerah penerima program NUWSP atas kinerjanya dalam memprioritaskan urusan air minum.

Pada kesempatan ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Inspektur II, Dr. A. Damenta, Mag. rer. publ, CGCAE menyampaikan bahwa Pembinaan untuk pengelolaan SPAM harus sejalan dengan kegiatan pengawasan dimana APIP mengawal dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan sampai kepada capaian output dan outcomenya.

Lebih lanjut Inspektur II menekankan Peran APIP sangat strategis dalam menjamin agar tujuan pelaksanaan NUWSP dapat terwujud seluruhnya bila dilibatkan sejak awal, namun akan menjadi tidak bermanfaat jika hanya dilibatkan untuk verifikasi saja.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kunjungan lapangan ke PDAM Lamongan sebagai sarana pembelajaran praktik dalam pemenuhan akses layanan air minum di daerah.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *