Khitanan Masal Gerakan Pemuda Islam di Maar Kilwaru Dihadiri Wakil Bupati SBT

Pemerintahan

Bula,CakraNEWS.ID-Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Idris Rumalutur menghadiri acara sunatan massal dan silaturahmi di Dusun Maar, Negeri Kilwaru, Kecamatan Seram Timur, Senin (30/10/2023).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis, Kasad Satpol PP Kasman Kelimagun, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Kadir Lausiry, Sekretaris BKD Joni Rumagoran, Camat Seram Timur Moh. Yamin Rumalutur, Kapolsek Seram Timur Mo Solissa, Ketua GPI Dahlan Rumesey dan Pengurus, Warga Masyarakat serta orang tua peserta sunatan massal.

Untuk diketahui, sunatan massal dan silaturahmi digelar oleh Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kabupaten SBT bersama Pemuda dan Masyarakat Dusun Maar. Selain itu, acara tersebut diikuti oleh 50 anak yang mendapatkan bantuan biaya sunat dari GPI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten SBT.

Ketua Umum GPI Kabupaten SBT Dahlan Rumesey dalam laporannya menyampaikan, GPI merupakan organisasi pemuda nomor dua di Indonesia namun muncul di Kabupaten SBT pada tahun 2020 dan sampai saat ini GPI terus melebarkan sayap organisasi untuk bersama Pemda SBT dalam membangun kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu.

“GPI hadir di SBT 2020 sebagai salah satu organisasi dengan misi kolaborasi untuk pembangunan serta membantu masyarakat dan saat itu saya dipercayakan sebagai ketua dan sampai saat ini masi menjabat sebagai ketua,” terangnya.

Lanjut Rumesey, Kegiatan yang dilakukan merupakan gagasan dari anak negeri dengan tujuan memajukan negeri serta membantu pemerintah upaya pembangunan pada sektor kesehatan.

“Ini adalah bentuk dari cinta kepada masyarakat, untuk menggelar kegiatan ini di negeri yang saya cintai yaitu seram lau,” ucapnya.

Dikatakan Rumesey dalam catatan singkatnya kepada Wakil Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBT agar kedepannya bisa melihat bumi Seram Lau dalam proses kemajuan daerah.

“Catan untuk Kadis Kesehatan dan Pak Wakil, di negeri Kilwaru ini punya 9 dusun dan dua Pustu dimana satu pudtu itu di Maar dan atu juga di Namalomin sementara dari jangkauan dusun ini paling jauh mungkin kedepan agar penambahan Pustu untuk mempercepatkan akses kesehatan masyarakat disini,” pungkasnya.

Ditambahkan Rumesey, berbagai masalah yang dihadapi saat ini salah satunya BPJS Kesehatan hampir sebagian besar masyarakat Kilwaru belum memiliki BPJS dan merupakan tanggung gung jawab bersama baik GPI dan juga dinas terkait .

Sementara itu, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur saat membuka kegiatan menyampaikan, sunatan massal merupakan sebuah kewajiban umat islam serta dimana sunatan massal sendiri dalam bahasa agamanya khitanan yaitu sebuah rangkaian dari pada sunah Rasulullah bahwa setiap laki-laki harus di sunatkan.

“Kita doakan agar anak-anak kita yang ikut sunatan ini tumbuh menjadi anak soleh dan solehah,” kata Wakil Bupati.

Orang nomor dua di Kabupaten SBT ini juga menyampaikan, dari sosial kemasyarakatan bahwa sunatan ini salah satu upaya yang diharapkan masyarakat untuk bisa membantu kemaslahatan untuk masyarakat yang tidak mampu.

Selain itu kata Rumalutur dalam memasuki memasuki musim politik ini diharapkan agar seluruh warga masyarakat yang ada di Kabupaten SBT khususnya di Seram Lau (Kecamatan Seram Timur-Red) agar bisa menjaga ketertiban dan keamanan negeri.

“Ini pesta demokrasi jadi harus dinikmati, sebab politik itu merupakan seni dalam merebut sebuah kekuasaan,” pesanya.

Menurutnya, Kerukunan antarmasyarakat ini jauh lebih penting dari semua hal yang ada di muka bumi ini, tentunya sunatan massal ini sebagai tali silaturahmi untuk mempersatukan umat serta membangun nilai sosial dan kemaslahatan umat.

Selain di sambut meriah oleh masyarakat setempat Wakil Bupati Idris Rumalutur dalam kunjungan kerja tersebut juga membagikan paket sembako sebanyak 50 paket kepada warga masyarakat setempat dan juga bersama OPD terkait mengunjungi tempat pelaksanaan sunatan massal sekaligus memberikan santunan kepada peserta sunatan.*** CNI-06/Im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *