Kodam XVI/Pattimura Bersama Masyarakat Kota Ambon, Bersihkan Sampah di Pesisisr Pantai

Militer TNI

Ambon,CakraNEWS.ID– Aksi bersih pesisir pantai, dilakukan oleh Prajurit Kodam XVI/Patimura bersama masyarakat yang di selenggarakan oleh peserta Pertemuan Ilmiah Tahunanan (PIT) ke-XVI Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) di Pantai Teluk Ambon, pantai Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dan pesisir pantai Kota Ambon, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan Aksi Bersih Pantai ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler dan didampingi oleh Asisten Deputi Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Koordinator Kemaritiman Nani Hendiarti.

Untuk itu, Kodam XVI/Pattimura mendukung dan mengarahkan personelnya kurang lebih 100 orang untuk ikut serta dalam kegiatan Aksi Bersih Pantai tersebut. Dalam kegiatan ini sedikitnya 3.258 kg sampah berhasil dikumpulkan dan sebagian besar sampah yang ada merupakan sampah plastik.

Salah satu anggota Komunitas Green Molluccas yang tidak menyebutkan namanya, kepada  wartawan berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan ada partisipasi pemerintah daerah, masyarakat dan komunitas pencinta alam untuk lebih peduli terhadap lingkungan lebih khusus pantai, karena Indonesia sudah masuk dalam urutan urutan ke dua penyumbang sampah terbesar di laut.

“Jadi kami berharap aksi ini akan terus ada, bukan hanya dari Pemerintah Pusat, tetapi dari masyarakat dan Pemerintah Kota Ambon dan kami menghimbau agar masyarakat kota Ambon tidak membuang sampah ke laut,” Harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek Maritim, Pangdam XVI/Pattimura yang diwakili oleh Staf Ahli Pangdam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Danlantamal IX Ambon yang diwakili oleh Pa Staf Angkatan Laut, Forkompimda Kota Ambon dan unsur pendukung serta Dinas terkait lainnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *