Kodam XVI/Ptm Komitmen Dukung Penuh Ketahanan Pangan di Maluku

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Kodam XVI/Ptm mendukung penuh ketahanan pangan di wilayah Maluku melalui pengawalan dan pendampingan bidang pertanian, untuk membantu pemerintah daerah guna menjamin ketersediaan cadangan pangan nasional, khususnya di wilayah Maluku.

Hal itu diutarakan Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Kasdam XVI/PTM Brigjen TNI Asep Abdurachman, SE.,MM saat menghadiri panen raya Padi di Desa Wanareja Kec. Waeapo Kab. Buru, pada Kamis (28/07/2022).

Sebelumnya Kasdam XVI/Pattimura dengan didampingi Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, SH., MH tiba di Bandara Namniwel, Namlea dengan menggunakan pesawat komersil disambut oleh Aster Kasdam XVI/PTM, Kolonel Inf. Chrisbianto Harimurti, Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh. Agus Nur Fujianto, S.I.P., M.HAN, Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia F. Kusumawiatmadja, S.Ik, M.IK, Para asisten Pemda Kab. Buru dan OPD Kab. Buru.

Selanjutnya Kasdam beserta rombongan bergerak menuju lokasi panen raya, turut memanen padi dan berkesempatan untuk tatap muka dengan kelompok tani Desa Wanareja di dalam Ruangan Balai Panen Raya, Desa. Waenaraja, Kecamatan Kabupaten Buru.

Dalam sambutannya Kasdam mengatakan, TNI AD mempunyai dua Tugas pokok yaitu Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang mana Operasi Militer Selain Perang, salah satu tugas yang di berikan adalah mengimplementasikan pemberdayaan wilayah pertahanan dengan cara membantu tugas pemerintah di daerah, guna menyiapkan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah sebagai potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara dan kekuatan pendukung untuk menangkal setiap ancaman dan gangguan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu implementasi dari OMSP itu adalah  suksesnya penanaman padi dan panen raya yang dilaksanakan di Desa Wanareja seluas 100 hektar dan di Desa Waikasar seluas 25 hektar, yang hari ini dilaksanakan panen perdana. Kemudian juga akan dilakukan penanaman padi berikutnya di Desa Waileo.

“Suksesnya kegiatan ini menjadi bukti tingginya rasa tanggung jawab kita semua dalam mendukung dan merealisasikan program pemerintah dalam rangka meningkatkan swasembada pangan nasional”.

Kasdam juga memberikan apresiasi kepada PT. Padi Sehat Indonesia untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan, kesejahteraan petani dan perekonomian, sehingga dapat mewujudkan tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat dan pertahanan negara.

Usai meninjau panen raya, Kasdam beserta rombongan bertolak ke lokasi penanaman padi perdana yang berada Desa Waelo Kec. Waelata Kab. Buru kemudian disambut oleh Muspika Kec. Waelata dilanjutkan dengan kegiatan Penanaman padi perdana.

Adapun jenis padi yang ditanam yaitu varietas B 1000. Selain itu Kasdam juga menyerahkan bantuan benih padi kepada petani setempat.

Diakhir kunjungannya Kasdam berkesempatan meninjau lokasi penyulingan minyak Kayu Putih yang berada di Desa Namlea. Kab. Buru, Selanjutnya melaksanakan kegiatan anjangsana terkait teknis penyulingan minyak kayu putih.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *