Kompolnas Apresiasi Kebijakan Kapolri, Tempatkan Polwan Di Jabatan Penting Polri

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kesetaraan gender dalam kepemimpinan di Kepolisian Republik Indonesia, yang dilakukan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dengan mempromosikan dan menempatkan beberapa Polisi Wanita (POLWAN), di jabatan penting di Polri, mendapat apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional.

“Kompolnas mengapresiasi surat telegram Kapolri terkait mutasi Perwira Tinggi dan Perwira Menengah. Dalam STR Kapolri tersebut memberikan ruang atau memberikan posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan. Dalam hal ini ada Brigjen Juansih menjadi irjen, ada dua irjen dari polwan,” ucap Anggota Kompolnas, Poengky Indarti dalam keterangan kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Juru bicara Kompolnas itu menilai, kebijakan yang di ambil Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menunjukkan kesungguhan terhadap isu pengarusutamaa gender kepempimpinan di Polri.

Poengky mengatakan, banyak perwira menengah polwan yang kinerjanya nampak diapresiasi di TR terbaru. Khususnya para Polwan dengan pangkat Kombes dan AKBP.

“Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif,” Ucapnya.

Poengky berharap, Kapolri, Jenderal Pol, Listyo Sigit Prabowo, bisa mempromosikan lebih banyak Polwan.

“Banyak polwan yang menoreh prestasi dan tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki. Olehnya itu Kompolnas berharap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi,” Pintanya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap Perwira Tinggi dan Perwira Menengah. Dalam surat telegram nomor: ST/1214/ VI/KEP./2022, sebanyak 120 personel Polri dirotasi.

Dari jumlah tersebut, terdapat satu orang Polisi Wanita atau Polwan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bintang dua yaitu Brigjen Juansih yang dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Tidak hanya Brigjen Juansih, terdapat satu Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi, dan satu Polwan mendapat promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri yaitu Kombes Nurul Azizah.

Selain itu juga terdapat tiga Polwan yang menduduki jabatan strategis di wilayah yakni AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar.

AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes Endang Sri wahyu Utami Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar dan Kombes Yuliani Kabidkum Polda  Banten. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.