Kompolnas Gelar Lokakarya Kebebasan Pers dan Penanganan Kekerasan Terhadap Jurnalis Di Maluku

Nasional

Maluku,CakrNEWS.ID- Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH.M.Hum menghadiri kegiatan lokakarya dan sarasehan tentang kebebasan pers, berekspresi dan penanganan kekerasan terhadap jurnalis untuk anggota Polri di wilayah Polda Maluku.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), ini diselenggarakan di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Kompolnas, Irjen Pol (Pur) Dr. Benny Josua Mamoto SH.M.Si, yang didampingi Kapolda Maluku dan Direktur Eksekutif Human Rights Working Grub (HRWG) Daniel Awigra  SE. M.Si.

Sekretaris Kompolnas RI Benny Mamoto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku bersama pejabat utama Polda yang berkenan hadir dalam kegiatan tersebut.

Ia berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak, apalagi menjelang Pemilu nanti dengan berbagai kerawanan yang mungkin bisa berdampak pada gangguan Kamtibmas. “Sehingga kemarin kami bersama rekan-rekan dari Kompolnas dan dari HRWG kemarin kita komunikasi dan sepakat untuk melaksanakan Lokakarya ini dan untuk wilayah Timur kita sepakat dilakukan di Kota Ambon,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut Mamoto, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berbagi informasi. Pasalnya, hampir setiap saat pihaknya menerima curhat dan pengaduan dari berbagai kalangan. Olehnya itu pada kesempatan yang baik ini para peserta diharapkan bisa berperan aktif dalam memberikan informasi.

“Jelang Pemilu serentak nanti kami melihat adanya potensi kerawanan, kami harapkan rekan semua yang hadir sebagai peserta bisa aktif untuk memberikan masukan dan kami minta agar jangan takut karena informasi atau masukan yang rekan-rekan sampaikan itu sangat penting untuk kami karena apa yang rekan-rekan sampaikan terkait kondisi di lapangan itu sangat realistis,” pintanya.

Forum ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman agar ke depan ada suatu aturan yang baik. “Kami juga akan menyampaikan apa saja yang menjadi masukan dari rekan-rekan kepada dewan pers pusat. Kami sangat berharap apa yang didapat hari ini agar tidak berhenti sampai di sini saja tapi harus berkelanjutan sebagai bekal anggota dalam bertugas di lapangan nanti dan semoga kegiatan kita hari ini membuahkan hasil sehingga Polri yang Presisi tetap dicintai masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Lotharia Latif meminta personel Polda Maluku yang hadir sebagai peserta lokakarya agar dapat mengikuti semua materi yang diberikan dengan baik.

“Sebagai informasi untuk Pak Benny, Kami Polda Maluku hingga saat ini tetap menjalin kerjasama yang baik dengan insan pers. Kami juga selalu terbuka untuk melakukan koordinasi dan sebagainya,” ungkapnya.

Selama ini sinergitas antara Polda Maluku dan insan pers berjalan sangat baik. Ini tercermin dari beberapa kali kita melaksanakan coffee morning. Di sisi lain banyak kegiatan Polda Maluku yang dipublikasi oleh rekan-rekan media dengan baik.

“Ada juga beberapa kejadian di wilayah kita ini yang dipublikasikan rekan-rekan media dengan berita yang berimbang, sehingga kami Polda Maluku bersama insan media akan selalu menjalin kerja sama yang baik, sehingga diharapkan Maluku semakin aman, damai dan sejahtera,” harapnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *