Kompolnas Harap Prinsip “BETAH” Rekruitmen Polri TA 2023, Hasilkan SDM Polri Yang Unggul Tanpa Pungli

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Rekruitmen terpadu anggota Polri, tahun anggaran 2023, yang di selenggarakan oleh jajaran Polri, mendapat perhatian dari Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

Sebagai lembaga pengawas ekternal Polri, Kompolnas melihat bahwa proses rekruitmen anggota Polri melalui seleksi terpadu penerimaan anggota Polri 2023 adalah proses yang sangat krusial untuk menentukan wajah Polri di masa depan.

“Melalui seleksi dengan prinsip “BETAH” (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis), diharapkan akan menghasilkan SDM Polri yang unggul, profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya dan mandiri, bebas dari kepentingan politik manapun,”harap Anggota Kompolnas, Poengky Indarti, dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023).

Poengky mengatakan, berdasarkan Grand Strategy Polri, di tahun 2025 Polri diharapkan menjadi organisasi yang excellent, yang berkelas dunia, sehingga harus diisi oleh SDM-SDM yang terbaik.

“Kami berharap panitia seleksi bertugas secara profesional, bersih, transparan, dan akuntabel, sehingga tidak lagi ditemui adanya kasus-kasus pungli seperti yang tahun lalu terjadi di Polda Jawa Tengah,”pintanya.

Poengky menuturkan, Kompolnas juga mendorong tindakan tegas terhadap oknum anggota atau yang lain jika terbukti melakukan pungli, berupa proses pidana dan pemecatan.

“ Mereka-mereka yang berani melakukan tindakan pungli untuk keuntungan pribadi saat seleksi adalah pengkhianat institusi Polri,”ujarnya.

Poengky menuturkan, Kompolnas berharap seluruh masyarakat untuk tidak mempercayai tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

“Dan perlu kami tegaskan bahwa seleksi penerimaan anggota Polri adalah gratis tanpa dipungut biaya. Kami mengajak anak-anak muda berprestasi untuk segera mendaftar menjadi calon anggota Polri serta mempersiapkan mental dan fisik sebaik-baiknya agar dapat lulus terpilih. Percaya diri bahwa dengan sebaik-baiknya menjalani proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel,dan humanis akan dapat lulus tanpa harus membayar. SDM Polri yang berintegritas dan profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya akan menjadikan institusi Polri makin dipercaya dan dicintai masyarakat,”Pungkasnya. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *