Kota Ambon Raih Juara 1 Inovasi Daerah Terbaik

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID-Pemerintah Kota Ambon berhasil meraih juara 1 inovasi daerah terbaik tingkat Provinsi Maluku Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail kepada Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, pada saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Maluku tahun 2024 yang digelar di Santika Hotel, Kamis (13/4).

Wattimena yang diwawancarai usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan, bahwa penghargaan itu merupakan bonus dari kerja keras Pemerintah Kota Ambon yang didukung oleh seluruh masyarakat kota.

“Saya tidak pernah menargetkan penghargaan, yang saya inginkan adalah seluruh OPD lingkup Pemkot Ambon bisa mengembangkan inovasi yang sudah ada ini dalam rangka mempercepat proses pembangunan di kota ini untuk meningkatkan kualitas penilaian publik dan itu menjadi tugas kita semua,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemkot Ambon memiliki 5 inovasi yang dinilai layak untuk mendapatkan juara. Tapi hanya 1 inovasi yang mendapatkan juara.

“Kita bersyukur, karena tidak pernah menargetkan juara yang saya katakan untuk semua OPD itu kerja saja berikan yang terbaik. Kalau dinilai berhasil itu bonus bagi kita,” tutur Wattimena.

Selain itu, lanjutnya, sebelum mendapatkan penghargaan tersebut, semua inovasi yang dimiliki oleh Pemkot Ambon itu sudah melalui tahap penilaian oleh Pemprov Maluku.

“Semua inovasi yang kita punya itu sudah jalan dulu baru dinilai. Jadi kriteria penilaian inovasi itu bukan hanya kita canangkan inovasinya saja. Tapi harus dijalankan dan saat dievaluasi dampaknya baik untuk masyarakat kota,” jelas Wattimena.

Selain itu, tambahnya, Pemkot Ambon sudah mempunyai 15 sekolah yang menjadi pilot project untuk menjalankan salah satu inovasi yaitu, kurikulum muatan lokal berbasis musik.

“Pada saat HUT ke 3 Ambon City Of Musik itu Pemkot tampilkan siswa siswi SMP 2 Ambon untuk mengikuti lomba dan mereka meraih juara 1, karena kurikulum tersebut telah diimplementasikan kepada mereka. Ini merupakan hal yang positif. Nanti tahun depan kita akan lakukan inovasi terbaru yaitu, parkir elektronik dan masih ada banyak lagi yang akan diterapkan,” akui Wattimena.

Untuk itu, dirinya berharap, semua OPD dilingkup Pemkot Ambon harus memiliki inovasi untuk meningkatkan kinerja OPDnya.

“Kalau semua OPD itu memiliki inovasi masing-masing, saya yakin juara itu pasti tetap kita raih. Tapi inovasi itu harus berdampak kepada masyarakat, kemudian pelayanan publik, meningkatkan ekonomi masyarakat. Pokonya semua yang terkait dengan masyarakat,” tutup Wattimena.*CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *