Kompolnas Minta Jajaran Korlantas Polri, Sigap Dan Gerak Cepat Pengaturan Lalulintas Ditengah Anomaliasi Cuaca

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID-  Pengaturan arus lalu lintas,ditengah anomalisasi cuaca dengan intensitas curah hujan yang tinggi, menuntut kerja keras dan gerak cepat dari jajaran Korps Lalu Lintas (KORLANTAS) Polri, untuk mengantisipasi adanya musibah-musibah yang ditimbulkan akibat anomalisasi cuaca tersebut.

“ Polisi khususnya Lalulintas, harus gerak cepat untuk mengantisipasi masalah-masalah yang terjadi ditengah curah hujan yang tingga. Tentunya untuk mengantisipasi permasalah tersebut, jajaran Lalulintas Polri harus memiliki plan A dan plan B, dengan melakukan rekayasa pengalihan arus lalulintas dengan menutup jalur-jalur tertentu bisa ada genangan air atupun banjir,”ucap Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn), Drs. Pudji Hartanto, Iskandar, MM yang di temuai wartawan di rungan kerjanya, Selasa (9/2/2021).

Menurutnya, rekasaya lalu lintas yang dilakukan oleh jajaran lalulintas Polri bila terkoordinir dan terintegrasi dengan baik, tentunya akan mengurangi tingkat kemacetan bahkan mengurangi korban kecelakaan lalulintas, ditengah anomalisasi cuaca.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Polri, khususnya, jajaran Korlantas Polri, sudah sangat bagus berdasarkan pengalaman-pengalaman, pengaturan lajur lalulintas di tengah anomalisasi cuaca. Tentunya semuanya telah diatur dalam Undang-Undang, berkaitan dengan diskresi Kepolisian, tentang pengaturan lalulintas bisa dilakukan oleh satu orang petugas, dengan berkoordinasi dengan teman yang lain,” Ucapnya.

Pudji mengatakan, selama ini dalam pelaksanaan tugas pengaturan lalulintas telah dilakukan dengan baik oleh jajaran Korlantas Polri.

“Kompolnas sebagai lembaga pengawas Polri, selalu memantau, dan memberikan apresiasi kepada jajaran Korlantas Polri. Dengan satu catatan yang harus di ingat oleh jajaran Korlantas Polri adalah, jangan terlalu mendadak, jangan terlalu terburu-buru,tetapi berdasarkan pengalaman-pengalaman dan ramalan cuaca, menjadi tolak ukur kinerja jajaran Korlantas Polri, ditengah penilai masyarakat,” Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *