Kompolnas Turun Langsung Pantau Kesiapan Pengamanan Pemilu 2023, Di Sejumlah Polres Di Polda Jateng

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kesiapan Operasi Mantap Brata, pengamanan pemilihan umum (PEMILU) tahun 2024, di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, mendapat pengawasam dari Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

Pemantauan kesiapan Operasi Mantap Brata Candi, pengamanan Pemilu 2024, dilakukan Kompolnas diwilayah hukum Polda Jawa Tengah, selama dua hari, Senin (13/11/2023) dan Selasa (14/11/ 2023), di wakili oleh Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn), Drs. Pudji Hartanto Iskandar selaku ketua tim di damping, H Mohhamad Dawam.

Kehadiran Kompolnas dalam rangka pemantauan operasi Mantap Brata Candi diwilayah hukum Polda Jateng, di terima oleh Waka Polda Jateng,  Brigjen Pol. Abiyoso Seno Aji, dan PJU. Dalam pemantauan tersebut, Kompolnas melakukan pertemuan dan koordinasi dengan beberapa Kapolres yang ada di wilayah hukum Polda Jateng.

Pada hari pertama kunjungan kerja, Senin (13/11/2023), mendapat paparan dari Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar, terkait pemanfaatan pola Pengamaman Polri berbasis digital dalam rangka meminimalisir tindakan kriminalitas di Kota Semarang.

Menanggapi pemaparan Kapolres Semarang terkait, terkait pemanfaatan pola Pengamaman Polri berbasis digital, selaku Ketua Ti, Anggota Kompolnas, Pudji Hartanto Iskandar , mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Polrestabes Samarang adalah role model Polri yang bagus untuk penegakan hukum berbasis scientific.

“Hal ini sangat positif dan perlu dikembangkan role model penegakan hukum berbasis IT ini sebagai aplikasi Program LIBAS (Polisi Hebat Semarang). Polrestabes Semarang dengan kerjasama yang terbangun antara masyarakat, Pemerintah Kota dan Polri dalam pemasangan CCTV sampai pada gang-gang terkecil diseluruh wilayah hukum Polrestabes Semarang,”ujar Pudji Hartanto Iskanda.

Selain berkunjung dan melakukan pemantauan di Polrestabes Semarang, pada pemantauan hari kedua, Selasa (14/11/2023), kunjungan kerja Kompolnas kali ini dilanjutkan dengan mengunjungi Polresta Surakarta yang diterima Kapolresta, Kombes Pol. Iwan Saktiadi, dan PJU, serta mendapat paparan persiapan pengamanan Pemilu 2024. Selanjutnya Tim Kompolnas menyambangi Polres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy,sekaligus menerima paparan dari Kapolres.

Mohammad Dawam, salah satu Anggota Kompolnas ikut menekankan arahan yang sebelumnya disampaikan Pudji Hartanto selaku Ketua Tim, yaitu : agar semua Anggota Polri terus meningkatkan kualitas profesionalitas dan netralitas sebagaimana ST Kapolri maupun protap lain sebagai pendukungnya.

“Bahwa inovasi positif Polresta dalam memastikan Kamtibmas dan Penegakan Hukum melalui Aplikasi Digital perlu diapresiasi. Tak luput juga disampaikan pentingnya inovasi dengan membangun semacam Rumah Deradikalisasi Napiter di Kota Surakarta maupun di Karanganyar ataupun Rumah Edukasi Bahaya Narkoba dengan bentuk  kerjasama bersama BNPT, Pemerintah Daerah dan semua pihak terkait,”pinta, Dawam

Di akhir acara, Pudji Hartanto turut mengapresiasi atas kesiapan dan koordinasi Pihak Polres jajaran bersama berbagai kelompok terkait. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *