Konsep Agama Dalam Bingkai NKRI, Sudut Pandang Anggota Kompolnas H.Mohhamad Dawam

Agama News

Jakarta,CakraNEWS.ID- Perbedaan yang berlatarbelakang agama, sering menjadi sorotan serta dianggap hal yang sangat sensitive untuk disinggung karena ini berkaitan dengan masalah “syara‟. Sampai saat ini isu konflik berlatarbelakang agama masih terus menghantui keamanan dan perdamaian dinegeri yang sangat beragam ini.

Menyikapi permasalahan tersebut, selaku Anggota Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), H.Mohhamad Dawam, mengemukakan konsep agama dalam bingkai Pancasila “Bhineka Tunggal Ika”, Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu.

Sebagai alumni pondok pesantren, Gus Dawam sapaan akrab H. Mohammad Dawam, mengatakan setiap ajaran agama tentunya tidak mengajarkan untuk bermusuhan dengan agama lain, melainkan untuk saling menghargai khususnya antar sesama pemeluk agama. Baik dalam hal menjalankan ibadah atau dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sampai muncul pada wacana menganggap semua agama sama.

“Sebagai warga negara Indonesia yang beragama, kita tidak perlu lagi mempermasalahkan perbedaan agama, keyakinan, ras, suku, etnis, dan gender,”ujar Dawam dalam keterangan tertulis melalui pesan Whatssap yang diterima CakraNEWS.ID. Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, hubungan Agama, kewarganegaraan maupun kenegaraan di Indonesia, sudah final sejak kesepakatan Indonesia terjadi. Sehingga tidak perlu lagi membedakan faktor agama, ras, etnis, budaya dan gender. Dan tidak perlu lagi juga menyamakan perbedaan yang memang secara kodrat kehidupan memang berbeda.

“Terpenting kita sesama anak negeri untuk memantik siapa yang berbuat baik untuk bangsa, negara dan masyarakat. Hal ini penting sebab spirit utama agama justru ada pada nilai kebaikan kita berbuat untuk manusia, negara dan bangsanya,”Ucapnya

Dawam berharap, sebagai sesama warga Negara yang beragama: hendaknya saling menghormati sesama kelompok keagamaan yang ada di Indonesia sebab telah dijamin dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita sebagai Warga Negara Indonesia, patut bersyukur, Tuhan telah memberi banyak karunia alam dan keberagaman yang tidak dimiliki negara dan bangsa lainnya. Keberagaman yang berbeda-beda justru menciptakan harmoni sosial dan keindahan yang justru saling menguatkan dalam tenun kebangsaan dan keagamaan kita,” Pungkasnya. * CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *