Kunjungi Pos Pelayanan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kapolda Sapa Para Penumpang

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menyapa sejumlah penumpang yang sementara menanti kedatangan Kapal di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Minggu (24/12/2023).

Hal itu dilakukan Kapolda saat melakukan pengecekan kesiapan personel di Pos Pelayanan Terpadu yang berada di dalam kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, sore tadi.

Saat melakukan pengecekan, Kapolda tidak sendiri. Ia bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, dan para pejabat utama TNI dan Polri.

Penumpang yang disapa Kapolda sementara menanti kedatangan Kapal yang akan berlayar ke Banda Neira dan Kota Tual.

“Hari ini Saya, Pangdam dan Danlatamal melakukan pengecekan di Pos Pelayanan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” kata Kapolda.

Ia mengungkapkan, pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan pengamanan penumpang yang menggunakan jasa transportasi angkutan laut.

“Memang kita di Maluku ini transportasi laut yang diutamakan, dan kita melihat persiapan sudah cukup baik, dan pengaturan cukup baik,” ungkapnya.

Kapolda berharap para pihak terkait dapat terus mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Selain itu, kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso diharapkan dapat dipastikan dalam keadaan baik.

“Kapal-kapal yang sandar harus betul-betul dilakukan pengecekan, dan kesiapannya. Termasuk penumpang maupun kapal yang akan digunakan. Kita berharap semuanya nanti akan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Irjen Latif menyampaikan sekilas penjelasan dari KSOP Kelas I Ambon. Bahwa puncak arus mudik angkutan laut telah dilewati. Bahkan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 3 – 4 Januari 2024.

“Saya berharap terus menjaga sinergitas, kebersamaan antara TNI Polri dan instansi terkait dan khususnya KSOP dan Pelindo juga nantinya memperhatikan pelayanan masyarakat yang akan menggunakan jasa kapal laut,” ungkapnya.

Senada dengan Kapolda, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial, berharap pelayanan Natal dan Tahun Baru terutama di wilayah Pelindo (Pelabuhan Yos Sudarso) dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Kami berharap masyarakat pengguna kapal jasa angkutan laut ini bisa melaksanakan kegiatan mereka dengan nyaman. Tentunya kita TNI Polri dan juga Pelindo di sini dapat menjaga untuk kenyamanan tersebut,” harapnya.

Di tempat yang sama, Arif, Kepala KSOP Klas I Ambon, mengaku semua kapal penumpang yang masuk atau bersandar
di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon akan dilakukan uji kelayakan.

Dalam pengecekan yang dilakukan selama menjelang perayaan Natal hingga saat ini, semua kapal penumpang yang beroperasi dinyatakan layak berlayar.

Arif mengaku, Tahun ini mengalami lonjakan penumpang dibanding perayaan Natal tahun sebelumnya.

“Sampai hari ini kita mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 18 persen atau sebanyak 23.000 penumpang. Kami nyatakan tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan perayaan Natal sebelumnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arif menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri atas sinergitas dan kolaborasi yang telah dilaksanakan secara bersama-sama.

Dikatakan, sinergitas dan kolaborasi antara TNI Polri yakni Polda, Pangdam dan Lantamal telah menunjukkan kehadiran negara dalam melayani masyarakat dengan baik.

“Mudah-mudahan kepedulian ini memberikan berkah dan kebahagiaan kepada masyarakat dan keluarga yang mereka kunjungi di wilayah masing-masing,” harapnya.

Untuk diketahui, selain menyapa penumpang, Kapolda juga menyapa personel yang berjaga-jaga di Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Yos Sudarso. Ia juga mengecek buku mutasi.

Tak hanya itu, Kapolda dan Pangdam juga menyerahkan bingkisan Natal kepada para personel yang bertugas di pos pelayanan tersebut.

Sebelumnya, hal yang sama juga dilakukan saat mengunjungi Pos Pengamanan yang berada di wilayah Batu Gantong. Kapolda dan Pangdam menyapa personel dan menyerahkan bingkisan Natal.

Selain itu, Kapolda, Pangdam, Danlatamal dan rombongan juga mengecek kesiapan pengamanan ibadah Natal di Gereja Katedral dan Maranatha.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *