Mercy Barends Anggota DPR RI Buka Pelatihan Aneka Olahan Pangan Lokal

Pemerintahan

Pj Bupati: pelatihan ini mampu mendorong perekonomian serta peningkatkan ketrampilan para pengusaha kecil dan menengah sehingga antinya bisa berkembang seturut tuntutan teknologi yang berkembang di saat ini.

Piru,CakraNEWS.ID– Mercy Chriesty Barends, Anggota Komisi VII DPR RI salah satu Anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) asal Maluku, buka Pelatihan Aneka Olahan Pangan Berbasis Tepung Sagu.

Agenda itu digelar secara Daring (jarak jauh) yang di ikuti oleh Ibu Ibu dari berbagai Desa Dusun yang ada di Kecamatan Seram Barat bertempat di gedung Hatutelu Piru. Selasa (30/1)

Pelatihan Aneka Olahan Pangan Berbasis Tepung Sagu ini yang di bawakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai Nara sumber, Diki Nanang Surahman MT, jabatan Analis Manfaatan Iptek Ahli Madia.

Menjelaskan terkai cara pembuatan olahan tepung sagu menjadi bahan adonan kue,

Untuk produk produk olahan berbasis tepung sagu ini sudah termasuk hasil riset IPBD hanya tinggal mengimplementasi ke daerah daerah yang punya potensi sagu. Dan ini mencoba untuk menggolah hasil olahan sagu menjadi Kue Bronis cara campurannya seperti mentega ,susu ,gula ,telur dan lain sebagainya.

Kegiatan ini Kami dari Tim Riset dan Inovasi bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI , dan kalau ada Tek nologi baru dan ada permintaan dari Masyarakat untuk mau melakukan teknologi tersebut tentunya Kami berkewajiban untuk memberikan kepada Masyarakat yang terbaik.

Target dari kelanjutan ini, kami harapkan apa yang sudah Kami berikan apa yang sudah kita lakukan diharapkan peserta dapat mengimplementasikan itu harapannya.

Nanti kedepanya apabila ada usaha UKM membutuhkan teknologi lain silahkan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk nanti dari Dinas berkoordinasi dengan Kami dari BRIN.

Di kesempatan itu Kadis Ketahanan Panggan Kab SBB, Josep Rahanten di dampinggi Sekretaris Dinas Koperasi Rony Salenussa. Buka acara Pelatihan Aneka Olahan Pangan Berbasis Tepung Sagu, sekaligus membaca sambutan PJ Bupati Andi Chandra As’aduddin.

Sagu adalah tepung yang diperoleh dari pemprosesan batang Rumbia atau yang kita kenal pohon sagu, yang memiliki banyak manfaat dan kegunaannya serta bergisi bagi tubuh sehingga saat ini olahan bahan dasar sagu sudah banyak di produksi.

Ha ini menjadi latar belakang dilaksanakannya pelatihan pengolahan pangan dari bahan sagu untuk memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah pangan untuk lebih berkreatif dan Berinofatif dalam pengolahan pangan bahan dasar sagu,agar dapat bervariasi dari segi cita rasa, penampilan dan bentuknya.

“Selaku pemerintah Daerah Saya memberikan apresiasi serta dukungan yang setinggi tingginya kepada Anggota DPR RI Komisi VII Ibu Mercy Chriesty Barends, sebagai salah seorang Anak Maluku yang berjuang dan terus melestarikan pangan lokal dalam suatu pemberdayaan, sehingga menjadi bahan pangan yang mampu meningkatkan sumberdaya pangan di Maluku terkusus di Bumi Saka Mese Nusa yang Kita Cintai,”ujar PJ Buati SBB,

PJ Bupati SBB berharap, peserta pelatihan agar serius dalam mengikuti proses pelatihan di hari ini supaya kedepan dapat memberdayakan diri dan mampu mengelola pangan dari bahan bakar sagu menjadi kue yang beraneka rasa dan enak sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga bahkan usaha yang dilakukan.

“Saya percaya bahwa dengan pelatihan ini mampu mendorong perekonomian serta peningkatkan ketrampilan para pengusaha kecil dan menengah sehingga antinya bisa berkembang seturut tuntutan teknologi yang berkembang di saat ini. Atas nama Pemerintah Daerah sekali lagi Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Ibu Mercy Chriesty Barends, selaku Anggota DPR RI Komisi VII , yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan di saat ini yang setia ada dalam Masyarakat Seram Bagian Barat,”tutur PJ Buati SBB

PJ Bupati mengajak masyarakat di Kabupaten SBB,  untuk senantiasa menjaga dan memelihara ketertiban dan keamanan Daerah Kab SBB tetap aman dan kondusif dalam memasuki pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada bulan Februari ini ,

“Pilihan boleh beda tetapi percaya Tuhan Yang Maha Kuasa akanenuntun Kita dalam kasihnya,”himbau PJ Bupati SBB. *CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *