Moment Ibadah Adventus Pertama, Kapolres SBB Isyaratkan Warga Hidup Rukun Tanpa Dendam

Polri

Piru, CakraNEWS.ID– Kapolres Seram Bagian Barat (SBB), AKBP Bayu Tarida Butar Butar melaksanakan ibadah Minggu Adventus Pertama di Gereja Yabok Jemaat Elim Translok Klasis Seram Barat bersama Masyarakat Dusun Translok Desa Eti, Minggu (29/11).

Ibadah Minggu Adventus yang dihadiri orang nomor satu lingkup Polres SBB itu dipimpin oleh Pdt Edmon F. Rumalatu, dengan pembacaan Alkitab termabil dari Mazmur 24 ayat 1-10.

Usai gelaran ibadah, Kapolres meminta warga jemaat untuk membuang rasa dengki, rasa dendam dan akan menjadi agen perdamaian dimanapun berada baik di Dusun Translok maupun di Desa Lumoli.

Dirinya menegaskan, tidak mengungkit/mengingat peristiwa kembali peristiwa yang terjadi tanggal 12 Oktober 2020. Jadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran bagi kita semua dan mulailah untuk membuka lembaran kehidupan yang baru.

“Kami dari pihak Kepolisian mendapatkan semangat dan spirit dari para tokoh sentral Desa Lumoli maupun Translok dalam membantu proses perdamaiaan, yang mana pada tanggal 26 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Coffe Morning yang dihadiri oleh para tokoh sentral Desa Lumoli dan Dusun Translok,” akuinya.

Dikatakan, harapan pihak Kepolisian agar para tokoh yang menjadi perwakilan perdamaian dapat mencantumkan poin – poin kesepakatan antara Desa Lumoli dan Dusun Translok, sehingga dapat menjadi acuan untuk tidak terjadi lagi peristiwa serupa dikemudian hari.

Jika dicermati, kata Kapolres, bahwa peristiwa yang terjadi tanggal 12 Oktober 2020 dipicu penggunaan knalpot racing pada kendaraan bermotor dan pengaruh minuman keras.

Baca Juga: Jadi Mediator Damai, Kapolres Seram Bagian Barat Pertemukan Masyarakat Dusun Translok Dan Desa Lumoli

Dirinya menegaskan, peran Polri untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat tidak kalah pentingnya peran para orang tua menjadi contoh dan teladan dalam mendidik dan mengarahkan anak dalam lingkup keluarga untuk melakukan hal tindakan/hal yang positif.

Diakui, pihak Kepolisian tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan sinergitas dan topangan doa dari para Tokoh Agama, sehingga semua langkah / tindakan rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik.

“Proses penegakan hukum sedang berjalan, untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk menghormati penegakan hukum, karena kita semua berada dalam negara hukum,” paparnya.

Kesempatan itu, Kapolres menyampaukan ucapan terima kasih kepada Pemuda Dusun Translok atas dukungannya dalam memberikann informasi – informasi sehingga para pelaku dapat diamankam serta penanagan kasus dapat ditangani dengan baik.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, maka pihak Kepolisian akan meningkatkan kegiatan Patroli oleh personil Sabhara Polres SBB dan personil Polsek Piru serta peran Bhabinkamtibmas Desa Lumoli dan Dusun Translok mengotimalkan kegiatan sambang guna menyerap informasi provokasi yang berkembang di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kalolres menyatakan, ketika dalam kegiatan patroli masih ditemukan adanya kelompok pemuda yang mengkonsumsi miras, maka kami akan mengamankan dan memberikan pembinaan sebelum dipulangkan untuk dilakukan pembinaan rohani oleh masing – masing pimpinan jemaat. Hal ini bertujuan semata – mata guna mencegah timbulnya potensi gangguan kamtibmas.

“Dapat saya informasikan bahwa sesuai dengan masukan tokoh pemuda Translok pada tanggal 26 November 2020 dalam kegiatan Coffe Morning, dalam waktu dekat akan dipasang lampu penerangan di beberapa titik dalam Dusun Translok guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Desa Lumoli pada saat melintasi Dusun Translok. Marilah melaksanakan protokol kesehatan, karena dengan melaksanakan protokol kesehatan maka kita sudah menjaga keluarga kita di rumah serta mengajak warga jemaat untuk berdoa semoga wabah covid 19 saat ini cepat berlalu,” tambah Kapolres menutup keterangannya.

Untuk diketahui, selain Kapolres didampingi istri Ny. Chychy Bayu Tarida Butar Butar hadir pula Kabag Ops AKP Vitali Gileng , Kabag Ren AKP Z Wacano , Kasat Intelkam IPTU Misen H Ngongobili , Kasat Tahti R IPTU J. Nuniary , Kapolsek Piru IPTU B. Bolohroy , Kasi Propam Polres SBB IPDA Hendrik Nikijuluw, Ketua Klasis Seram Barat Pdt Ny Reni Haliwela, Ketua Majelis Jemaat GPM Elim Translok Pdt S. Talutta, dan Majelis Jemaat, Kepala Bidang Politik Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.SBB F. Tauhuttu , Kepala Seksi Pengembanam Nilai – nilai Pambaharuan Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.SBB Sarlota Purimahua, S.Sos, Penjabat Kepala Desa Lumoli Sopia Makaluy dan AMGPM (Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku) Cabang Lumoli serta warga jemaat GPM Elim Dusun Translok .*** (CNI-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *