Musdes Tingkat Desa Di Kabupaten SBB, Utamakan Masalah Kesehatan Dan Pendidikan

Pemerintahan

Piru,CakraNEWS.ID- Camat  Serama Barat, Roni Salenusa resmi  membuka Musyawarah Desa (Musdes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Desa TA. 2020, Desa Piru Kecamatan Serarm Barat Kabupaten Seram Bagian Barat, yang diselengarakan di Kantor Desa Piru jalan Lamboyane,Selasa (10/9/2019). Agenda Musdes ini setiap tahun diselenggarakan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Des).

Camat Seram Barat dalam sambutannya mengatakan, skala Prioritas Nasional yang paling penting di Musdes ini adlah rencana kegiatan program yang akan di lakukan di tahun 2020.mengacu pada permendgri 114 tahun 2016, sehingga proses perencanaan prograam Desa ini sangat penting seperti Pendidikan, Kesehatan, Keamanan, Pemberdayaan Masyarakat pertanahan, batas-batas Wilayah yang ada di Kecamatan Seram Barat, terutama di desa-desa yang ada.

Terkait dengan agenda Musdes, Pejabat Negeri Piru, Royanto Manupassa di temui oleh Wartawan mengatakan, terkait dengan pelayanan dasar yang menjadi kewenangan Desa sesuai prioritas penggunaan Dana Desa telah di laksanakan di tahun 2019, diantaranya Posiandu Balita, Posiandu Lansia, dan pemberian makanan tambahan, serta Paud dibidang Pendidikan dan Pemberdayaan kepada Masyarakat yang ada di Desa.

“Di Tahun 2020 terkait dengan Parente, dan pencegahan Stunting yang menjadi prioritaa utama, lewat program yang akan di akumudir di tahun 2020 nanti. Selain itu kegiatan lainnya berupa sosialisasi kepada Ibu hamil, pelatihan Kader Posiandu Balita, dan sudah ada beberapa kegiatan yang nantinya akan di koordinasi dengan dinas kesehatan,”ungkap Manupasa.

Sambutan Ketua BPD Negeri Piru Oktovianus Mandaku mengatakan, sesuai dengan Musdes yang dilaksanakan oleh Badan permusyawaratan Desa, didalam Musdes nanti para peserta menyampaikan program kegiatan yang nantinya di persiapkan untuk menjadi bahan dan acuan bagi Pemerintah Desa

“Program kegiatan Musdes ini sebenarnya di laksanakan pada bulan Juli sesuai dengan aturannya, tapi mengingat kegiatan di bulan juli ada tertumbuk dengan kendala yang kita hadapi, seperti program yang kita tunggu dari Pemerintah Daerah, berupa jalan baru kita biking Musdes,”tutur Mandaku.

Mandaku menegaskan, program Musdes ini di bulan september Perdes tentang RKP-Des suda jadi Peraturan Desa, dan ketika program kegiatan yang suda ditetapkan oleh Kadus sudah masuk itu bukan 100%, menjadi rancangaan anggaran belanja di tahun 2020, nanti pemerintah Desa lewat Timnya menyusun RKP-Des dengan mata anggaran untuk di kerjakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Negeri Piru Royanto Manupassa,Stap Negeri. Camat Seram Barat Roni Salenussa bersama staf, Ketua BPD, Jopi Mandaku beserta anggota, Pendamping Desa Bhabinkamtibmas dari Polsek Bripka Deky Salenussa dan Babinsa Koramil 1502-07/Piru, Serma Stenly Sekewael Para Kadus, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat. (CNI-10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *