Optimalisasi Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Bagi PNPP Polri, Pusltibang Polri Sambangi Polres Kepulauan Aru

Militer Polri

Kepulauan Aru,CakraNEWS.ID- Dalam rangka mengoptimalisasi pelayanan kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Polri bagi pegawai negeri pada Polri,

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dibawah komando Kapuslitbang Polri KBP Ade Djadja Subagdja, S.IK. M.H menyambangi Mapolres Kepulauan Aru, Maluku, Senin, (7/3/2022).

Pantauan media ini, dalam kunjungan tersebut, rombongan Kapuslitbang Polri, yang di ketuai oleh Kombes Pol, Ade Djadja Subagdja, melaksanakan monitoring serta sosialisasi tentang optimalisasi pelayanan dan fasilitas kesehatan bagi pegawai negeri pada Polri yang bertugas di wilayah berjuluk kota mutiara indah lestari itu.

Kombes Pol, Ade Djadja Subagdja, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu ialah untuk mengetahui pelayanan kesehatan di FKTP Polri bagi Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) ditinjau dari fasilitas kesehatan, kualitas pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan, serta kendala yang di hadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Manfaatnya ialah, memberikan masukan kepada pimpinan Polri dalan rangka merusmuskan kebijakan sistem pelayanan kesehatan bagi Pegawai Negeri Pada Polri agar menjadi optimal,”jelasnya.

Menurutnya, data pengisian kuesioner kepada seluruh PNPP di Polres Kepulauan Aru sebanyak 5% dari jumlah personil yang ada.

“Padahal, pengisian kuesioner dilakukan melalui google form untuk mendapatkan data dari berbagai satuan Wilayah dengan lebih cepat,”ucapnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan masukan dalam rangka merumuskan kebijakan sistem pelayanan kesehatan bagi pegawai negeri pada Polri agar menjadi lebih optimal.

“Ya, melaului kegiatan ini kiranya dapat memberikan masukan untuk kita khususnya para pemimpin Polri di setiap daerah agar bisa merumuskan kebijakan sistem pelayanan kesehatan bagi pegawai negeri pada Polri agar menjadi lebih optimal,” harapnya.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Sugeng Kundarwanto dalam kesempatan itu menjelaskan tentang Tri Gatra dan Panca Gatra Polres Kepulauan Aru.

Kata Kapolres, situasi Wilayah Kabupaten Kepulauan Aru terdiri dari 10 Kecamatan 5 Polsek, 3 Polsubsektor dan 3 Pospol. Dan Kabupaten  Kepulauan Aru terdiri dari 89 Pulau yg berpenghuni.

Dijelaskan pula bahwa, Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Aru terdapat 1 rumah sakit, 30 Puskesmas, 1 klinik dan 318 tenaga medis.

“Kendati demikian, penderita Stunting masih ditemukan sebanyak 100 orang dan kekurangan gizi 24 org dimana Ibu Gubernur Maluku sebagai Duta Parenting pada bulan September 2021  telah melaksanakan kegiatan di Desa Tunguwatu dan melihat langsung kondisi masyarakat yang mengalami Stunting dan kekurangan gizi,” jelas Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, Fasilitas pelayanan kesehatan klinik Polres Kepulauan Aru memiliki 1 orang tenaga dokter dan 4 orang analis yang sudah melaksanakan pelayanan kesehatan kepada anggota Polri, keluarga dan masyarakat umum.

“Guna menyukseskan program nasional, Polres Kepulauan Aru sudah melaksanakan vaksinasi dosis 3 namun beberapa personil belum melaksanakan vaksin dosis 3 dikarenakan personil bertugas di Polsek terluar,” ungkap Kapolres.*CNI-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.