Pangdam dan Kapolda Hadiri, Pembukaan Pesparani Katholik Nasional I Tahun 2018

TNI

Ambon,Maluku- Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, beserta ibu dan juga Kapolda Maluku Irjen Pol, Drs Royke Lumowa, MM, didamping ibu Bhayangkari Daerah Maluku, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkom pimda) Provinsi Maluku, menghadiri Pembukaan Pesparani Katholik Nasional I Tahun 2018 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Jl.  Slamet Riyadi, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu Malam (27/10).

Acara tersebut di buka oleh Menteri Energi Sumber daya Mineral (ESDM) Bapak Ignatius Johan mewakili Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I di Ambon, Provinsi Maluku berlangsung meriah, dengan mengusung tema “Membangun Persaudaraan Sejati dengan Penyelenggaraan Pesparani Nasional ke I kita padukan tekad dan upaya meningkatkan semangat Kebhinekaan demi kemajuan Bangsa dan Kemuliaan Tuhan” yang berlangsung mulai tanggal 27 Oktober sampai dengan 02 November 2018.

Dalam sambutannya, Menteri Ignatius Johan membacakan amanat Presiden Republik Indonesia yang mengatakan agar seluruh umat beragama menjaga, merawat kebhinekaan, kerukunan, serta toleransi antar sesama, karena dengan dua hal tersebut dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Ir. Joko Widodo berkesempatan menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan Pesparani Katholik Nasional I Tahun 2018 melalui Video Taiping yang diputar sebelum acara resmi dibuka.

Pembukaan Pesparani Katholik Nasional I Tahun 2018 dimeriahkan dengan Tarian Kolosal perjalanan tokoh agama khatolik di Maluku dan Opera Kolosal “Persaudaran Sejati” yang dibawakan oleh 150 orang penari. Sebelumnya juga ditampilkan parade bendera yang dibawa  oleh 37 (Tiga puluh tujuh) orang Paskibra Kota Ambon dan defile peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia yang diiringi lagu Mars Pesparani oleh Paduan Suara.

Berdasarkan laporan yang diterima, jumlah seluruh peserta Pesparani mencapai 4.804 orang yang berasal dari daerah se-Indonesia dengan peserta tuan rumah sendiri (Provinsi Maluku) sebanyak 500 orang. Provinsi Maluku menargetkan akan meraih juara Umum pada Pesparani Katholik Nasional I ini.

Pada acara tersebut, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Bapak Adrianus Meliala turut menyerahkan piala bergilir Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Pesparani I, Bapak Zeth Sahuburua yang mana akan diperebutkan pada event Pesparani tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Menteri Agama RI Bpk. Lukman Hakim Saifuddin beserta Ibu Trisna Will, Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff beserta Ibu, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia, Mgr Ignatius Suharyo, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa beserta Ibu dan Forkopimda Provinsi Maluku. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.