Pangdam XVI/Pattimura Pimpin Vicon Bersama Dandim Dan Danrem, Bahas Ketahanan Pangan

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID-Kodam XVI/Pattimura menggelar vicon dengan satuan jajarannya dalam rangka membahas peningkatan dan perkuatan ketahanan pangan untuk mendukung percepatan penanganan dampak Covid-19 di Provinsi Maluku.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq yang di gelar diruangan Yudha, Makodam, Jumat (10/7/2020).

Mengawali vicon, pembukaan singkat Aster Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Arm Hendro Agus Suseno dilanjutkan secara bergantian para Dandim dan Danyon memaparkan terkait program ketahanan pangan di wilayahnya.

Adapun pemaparan Dandim 1508/Tobelo,Danyonif RK 732/ Banau, Danyonif 731/Kabaresi dan Dandim 1506/Namlea. Selanjutnya juga disampaikan program yang sedang dijalankan dalam hal ketahanan pangan dan kendala-kendalanya.

Usai paparan Dandim dan Danyon tersebut, Pangdam XVI/ Pattimura menyebutkan selain fokus menangani penyebaran Covid-19, Kodam XVI/Pattimura juga sedang fokus menangani dampaknya yakni ketahanan pangan.

Ketahanan pangan dimasa Covid-19 perlu menjadi perhatian semua pihak, maka selain berupaya memutus mata rantai Covid-19 Kita juga harus memastikan stok pangan tersedia.
Pangdam pun meminta kepada jajarannya untuk lebih meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya khususnya produk tanaman unggulan.

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Maluku Jasmin Bajak mengatakan, Dinas Pertanian Provinsi Maluku sedang menggalakkan berbagai program ketahanan pangan seperti menanam padi darat, jagung, perikanan ikan tawar, ternak unggas. Berharap dalam program ini juga mendapat dukungan Pangdam beserta jajaran.

“Semua pihak harus saling membantu dan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan pihak yang memiliki lahan seperti korporasi pertanian. Bisa pinjam pakai lahan yang belum dimanfaatkan untuk menanam padi atau jagung atau lainnya. Dan kreativitas inovasi dalam meningkatkan ketahanan pangan perlu dimunculkan disetiap daerah,” ujarnya.

“Pada prinsipnya Dinas Pertanian sudah siap, hanya tinggal di wilayah Maluku Barat Daya (MBD) yang masih terkendala faktor jarak lokasi yang jauh,” ungkapnya.

Terkait program Dinas Pertanian Provinsi Maluku dalam meningkatkan Ketahanan Pangan dan Tanaman Pekarangan, Pangdam bekeringinan akan membuat Pos Komando Ketahanan Pangan sebagai kontrol penanaman yang memback-up ketahanan pangan baik dari kelurahan, kecamatan sampai tingkat desa.

Diakhir penekanannya, Pangdam mengapresiasi seluruh jajaran yang sudah melakukan kegiatan ketahanan pangan secara baik.

“Tapi perlu diingat bahwa tantangan nanti pelaksanaan ketahanan pangan ini saat melewati musim penghujan yaitu ketersediaan air,”ucap Pangdam XVI/Pattimura.

Menutup vicon itu, Pangdam berpesan kepada seluruh Prajurit manfaatkan “ Training of trainer “kepada mitra-mitra yang ada guna meningkatkan ketahanan pangan ditengah Pandemi virus Covid-19.

Turut hadir, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema, Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Erwansyah, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Aristoteles P. Ritiauw dan Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Dominggus CA Soumokil, Para asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *