Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Resmikan RSD Covid-19 Di Kecamatan Galang-Kepri

Militer

Kepri,CakraNEWS.ID- Rumah Sakit Darurat (RSD) penanganan pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19) di Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, resmi beroperasi.

Pengoperasian RSD Covid-19 di Kecamatan Galang tersebut, ditandai dengan pengresmian oleh Presdiden RI yang di wakili oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E, M.M, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Kunker Ke Kepri, Kapolri Dan Panglima TNI Tinjau Lokasi Pembangunan RS Khusus Dan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat

Dalam pengresmian RSD Covid-19 tersebut, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, di dampingi oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto,S.IK, Pangdam 1/Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Danrem 033/WP, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Kajati Kepri, dan Walikota Batam.

Sebelum melakukan pengresmian Pangkogabwilhan I bersama dengan Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto dan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah melakukan peninjauan kesiapan bangunan, peralatan medis serta dokter dan tenaga medis yang ada pada Rumah Sakit Khusus tersebut.

Baca Juga: Presiden RI Tinjau Pembangunan, RS Darurat Penanganan Covid-19 Di Pulau Galang Provinsi Kepulauan Riau

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M menyampaikan bahwa Rumah Sakit khusus ini sudah siap beroperasional sesuai dengan yang ditekankan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bahwa tanggal 6  April 2020 Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini resmi dapat dioperasikan. Harapan kita tidak ada masyarakat kita yang menjadi pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini namun minimal kita siap.

Dalam sambutanya, Pangkogabwilhan I menjelaskan, selain sebagai rumah sakit darurat (RSD) bagi pasien terinfeksi virus Covid-19, RSD yang dibangun di lokasi eks pengungsi Vietnam di Kecamatan Galang, juga akan menerima pasien rujukan dari RS yang ada di Kota Batam.

“Untuk tenaga medis yang ada di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 berasal dari TNI, Polri dan relawan yang ingin mengabdikan dirinya sebagai tenaga medis. Kriteria tenaga medis relawan ditentukan oleh Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19,”tutur Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Pangkowil 1 menuturkan, untuk total Keseluruhan petugas medis, Paramedis dan relawan RSD Covid-19 di Kecamatan Galang, Kota Batam sebanyak 244 orang.

Baca Juga: Pemerintah RI Sulap, Bangunan Eks Pengungsi Vietnam Di Kecamatan Galang-Kepri Jadi RS Darurat Covid-19    

Selain itu Plt. Gubernur Kepri H.Isdianto dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimah kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Ri bersama TNI-Polri yang telah membangun RSD untuk penanganan pasien terinfeksi Covid-19. Tentunya dengan keberadaan RS tersebut membawa keuntungan bagi masyarakat Provinsi Kepri.

“Keberadaan rumah sakit ini sendiri adalah keberuntungan bagi kita masyarakat Provinsi Kepri,”tutur Isdianto.

Untuk diketahui, Polda Kepri sendiri mengirimkan 10 orang tenaga medis yang beranggotakan 6 personil Bid Dokes Polda Kepri, terdiri dari 3 perawat, 2 tim evakuasi dan 1 analis kimia lab. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *