PD Pemuda Muhammadiyah SBT Minta Pemkab Tingkatkan Mitigasi dan SAR

Adventorial News

Ambon,CakraNEWS.ID– PIMPINAN Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) meminta pemerintah kabupaten setempat peka dan sedini mungkin menyiapkan dengan matang mitigasi bencana.

Pasalnya, wilayah kabupaten SBT yang terdiri dari gugus pulau dan akses transportasi jalur darat yang cukup berat serta infrastruktur yang tidak memadai menjadikan wilayah SBT rawan kecelakaan laut maupun darat.

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah melalui ketua, Baneli Kotarumaloas menilai, hal itu harus disadari sedini mungkin oleh pemerintah SBT guna mengantisapasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan.

Baneli mendesak, Kepala BPBD SBT dan Pemerintah Daerah agar sigap dalam menyikapi bencana, Baik yang terjadi Saat ini pada Musibah Tenggelamnya Longboot di Perairan Teor maupun Blbeberapa musibah yang terjadi di daratan Pulau seram.

“BPBD SBT mestinya cepat dalam Komunikasi, sarta tanggap dalam Proses Evakuasi penyelamat Warga Masyarakat Yang terkena Musibah. Kalau setiap musibah di wilayah Gorom wakate Tidak perna ada tanggap Cepat dalam Proses Pencarian, penyelamatan dan evakuasi, Maka Pemerintah Daerah Gagal Dalam Melindungi Rakyatnya.

“Tenggelamya Speedboadh yang ditumpangi 11 penumpang kemarin, bukan baru kali ini. Sudah berulang-ulang. Kiranya ini jadi perhatian,” paparnya.

Pihaknya berharap, pemerintah Daerah melalui pelaksana teknis bidang pencarian dan pertolongan (SAR/search and rescue) SBT tidak pasif. Untuk hilangnya penumpang yang ditumpangi camat Teor dan 10 lainnya dirinya meminta untuk segera mengerahkan seluruh anggota turun melakukan pencarian.

“Tenggelamnya Longboot Asal di Perairan Pulau Bam dan Teor ini bukan baru sekali. Ini sudah berkali kali. Kami minta ini harus jadi perhatian. Kalau bisa datangkan bantuan dari Provinsi Maluku untuk melakukan pencarian. Ini persoalan nyawa. Jadi harus diseriusi,” ungkpanya.

Pihaknya berharap, sebagai Pemuda dan Masyarakat SBT saat ini, Yang terpenting adalah Proses pencarian Secepatnya sehingga Informasi yang saat ini beredar di masyarakat tidak Simpang siur.

“Informasi berlaku satu Pintu dari Tim SAR Atau BPBD SBT. Sekali Lagi kami sangat berharap Agar Mereka Yang terkena Musibah Di Perairan Pulau Bam dan Teor secepatnya di temukan serta dalam Keadaan Selamat,” pungkasnya.***CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *