Pemkab Malteng Pastikan Masyarakat Belum Ada Terpapar Covid -19

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID- Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah dan seluruh Pimpinan OPD lingkup Pemda Maluku Tengah telah melakukan Rapat Terbatas guna membahas dan mengevaluasi langkah-Iangkah penanganan dan pencegahan penyebaran wabah Virus Corona Disease (COVID-19) di Kabupaten Maluku Tengah,Sabtu (21/3/20200.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,  dalam rilisnya kepada wartawan mengatatakan, pada prinsipnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah telah menindak lanjuti kebijakan Pemerintah Pusat diantaranya Instruksi Presiden RI, dan beberapa Surat Edaran Kementerian terkait lainnya guna upaya-upaya Pemerintah Daerah dalam menangani dan mencegah penyebaran wabah Virus Corona Disease (COVID-19) di daerah, dengan mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Maluku Tengah.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Maluku Tengah, telah melakukan berbagai langkah-langkah cepat dan strategis untuk mempercepat pencegahan dan penanganan COVID-19 seperti penyediaan posko pengecekan suhu tubuh di area publik, seperti pelabuhan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta publikasi himbauan-himbauan pencegahan COVID-19,”ungkap Bupati Malteng.

Bupati Malteng mengatakan, terkait status penyebaran COVID-19 di Kabupaten Maluku Tengah, berdasarkan data per- 21 Maret 2020 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah, terkait penyebaran COVID-19 di Kabupaten Maluku Tengah dinyatakan bahwa jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) COVID-19 adalah Negatif/tidak ada, dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 adalah Negatif/tidak ada.

Tentunya kita semua berharap kondisi ini tetap dipertahankan sehingga seluruh masyarakat Maluku Tengah terhindar dari wabah COVID-19.

“Terkait himbauan Pemerintah Pusat untuk Sosia/ Distanding sebagai langkah untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas, serta mengurangi kerumunan, untuk kegiatan rapat atau sejenisnya saya instruksikan agar dihentikan sementara waktu. Dan untuk kegiatan keramaian seperti pernikahan dan lain-lainnya agar dibicarakan lebih Ianjut dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Maluku Tengah,”himbau Tuasikal.

Ia menegaskan, terkait pemenuhunan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Maluku Tengah pasca kondisi wabah COVID-19 yang meresahkan masyarakat, ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Maluku Tengah secara umum masih ada dan dapat memenuhi permintaan konsumen di pasar.

“Dalam waktu dekat, Saya bersama TNI/POLRI akan melakukan sidak ke Pasar terdekat untuk mengecek stabiIilitas harga barang khususnya kebutuhan bahan pokok,”Ucapnya.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat Maluku Tengah untuk tetap tenang, tetap mawas diri, berpikir positif, dan berikhtiar menyikapi wabah COVID-19 ini dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi berolahraga secara teratur. Segera ke dokter bilamana mengalami gangguan kesehatan menghindari tempat-tempat keramaian bilamana tidak mendesak, bahkan turut mendoakan keamanan dan keselamatan Bangsa dan Negara ini secara khusus Kabupaten Maluku Tengah, dalam menghadapi masalah wabah penularan virus Corona,”himbau Tuasikal Abua. (CNI-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *