Pemkab Maluku Barat Daya Lepas Calon Jamaah Haji

Adventorial News

Dobo, CakraNEWS.ID– Pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar pelepasan jemaah calon haji , pelepasan dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan , Jhoses Leunufna. Yang berlangsung di , aula kantor Bupati , Senin (27/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda, para staf ahli Bupati, para asisten, pimpinan OPD, Kepala Bandara Jos Imsula Orno, Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Barat Daya Stepanus Tia, Ketua MUI Kabupaten Maluku Barat Daya, Ketua FKUB Kabupaten Maluku Barat Daya, Ketua Klasis GPM Pulau-pulau Lemola Pendeta M.M. Timisela, S.Th, para ustad, serta para Jemaah calon haji dan keluarga.

Kepala Kantor Kementerian Agama, Stepanus Tia dalam laporannya mengatakan, jumlah calon jemaah haji Kabupaten MMB yang berada dalam daftar tunggu mencapai 72 orang, mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat untuk menunaikan ibadah haji.

” Saat ini, waktu tunggu haji untuk Kabupaten MBD telah mencapai 12 tahun dengan kuota yang ditetapkan sebanyak 6 orang per tahun. Namun, pada tahun ini, ada 10 orang jemaah calon haji yang akan berangkat, berkat adanya penggabungan marham dan penambahan dari kecamatan lain.”ungkapnya

Dikatakannya, proses Pemberangkatan dan Jadwal penerbangan tergabung dalam Kloter 27 Embarkasi Makassar. Mereka dijadwalkan berangkat dari Bandara Jos Imsula Orno pada tanggal 28 Mei 2024 dan akan bergabung dengan jemaah dari kabupaten/kota lain di Asrama Haji Antara Waiheru di Ambon. Selanjutnya, mereka akan terbang ke Makassar pada tanggal 31 Mei 2024 dengan pesawat Lion Air JT-881 dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Jeddah dengan pesawat Garuda Airlines GIA 1127 pada malam harinya, tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada 1 Juni 2024 pukul 02:00 Waktu Arab Saudi.

Untuk Perjalanan Pulang lanjutnya, Direncanakan para jemaah akan kembali dari Madinah pada tanggal 12 Juli 2024 dan tiba di Makassar keesokan harinya, kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Maluku Barat Daya dengan pesawat Lion Air dan Trigana Air, sehingga total waktu mereka di Arab Saudi adalah sekitar 41 hari.

Pada kesempatan tersebut , Bupati MBD dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhoses Leunufna.menekankan, pentingnya perhatian pemerintah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Penambahan kuota dan peningkatan jumlah jemaah dalam daftar tunggu menunjukkan perkembangan ekonomi dan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

Leunufna berpesan, agar para jemaah menjaga kesehatan, semangat beribadah, dan sikap yang baik selama di Tanah Suci, serta berharap mereka dapat menjadi duta yang baik bagi Kabupaten Maluku Barat Daya. Dukungan penuh dari pemerintah daerah dan berbagai instansi terkait diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji di masa mendatang.

” Saya berharap semua jemaah calon haji diberikan kekuatan dan kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci, dan sekembalinya nanti, mereka dapat membawa berkah dan kebaikan bagi masyarakat di Maluku Barat Daya. Semoga para jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan sempurna dan kembali sebagai haji yang mabrur.”harapnya.

Kegiatan ditutup dengan , penyerahan bendera oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhoses Leunufna, sebagai tanda dilepaskannya Jemaah Calon Haji Tahun 1445 H/2024.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *