Pemkota Ambon Melalui KadisPora Angkat Wajah Wirausaha Muda Dipanggung Dialog Nasional

Adventorial Ekonomi Nasional News

Jakarta, CakraNEWS.ID– Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay menjadi narsumber dalam forun kewirausahaan Pemuda bertaraf Internasional.

Hal ini diakui Luhukay saat dikonfirmasi CakraNEWS.ID di Jakarta, Selasa (31/10).

“Hari ini saya sangat bersyukur bisa dipercayakan sebagai panelis (narasumber) dalam suatu acara bagi kewirausahaan pemuda yang diselenggarakan oleh UNDP Indonesia yang didukung oleh Citi Foundation, Kemenko PMK, Bappenas RI, Kemenpora RI, British Council, dan Innovation Financing Lab,” ungkap Luhukay.

Dikatakan kegiatan yang dipusatkan di Ayana Mid-Plaza Jakarta, yakni YOUTH CO:LAB NATIONAL DIALOGUE 2023 tersebut dimoderatori oleh Randa Sandhita, Technical Assistant for Youth Engagement, UNDP Indonesia.

Narasumber yang berada dipanggung bersama Luhukay, diantaranya Woro Srihastuti Sulistyaningrum Deputi Bidang Koordinator Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK RI dan Amich Alhumami Deputi Bidang Pembangunana manusia, Masyarakat dan kebudayaan, BAPPENAS, serta para narasumber lainnya.

Ditambahkan, narasumber lainnya dari daerah ada dari Kabupaten Sleman, Agung Armawanta selaku Kadispora dan Mustopa Patapa, Ketua PCMI Sumsel.

“Kota Ambon, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga baru kali ini tercatat sebagai bagian dari dialog nasional tersebut, dikarenakan telah melakukan kolaborasi program pengembangan kewirausahaan pemuda tanggal 30-31 Agustus 2023 lewat kegiatan Ambon Creativepreneur yang lalu,” akui Luhukay.

Itu lanjutnya, sebagai implementasi dari Program Bappenas yakni Stategi Nasional Kewirausahaan Pemuda, dimana Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon berkolaborasi dengan pihak UNDP lewat kegiatannya Youth Co:lab.

Hasil dari kolaborasi kata dia, ternyata membuahkan hasil yang manis, karena para kandidat atau perwakilan wirausaha muda kota Ambon setelah melalui proses Bootcamp dan penilaian lewat kegiatan Youth Co:lab.

Salah satunya masuk 10 besar sebagai nominator penerima penghargaan dan dana pembinaan sehingga hadir pada acara YOUTH CO:LAB NATIONAL DIALOGUE 2023.

“Adapaun finalis YOUTH CO:LAB NATIONAL DIALOGUE 2023 dari kota Ambon yaitu NUTMAGIC ICE CREAM, meskipun pada saat pengumuman penerima penghargaan dan dana pembinaan tidak diperoleh. Nutmagic Ice Cream berkesempatan masuk dalam jaringan kewirausahaan secara Nasional dan nantinya berkesempatan mengikuti kegiatan Youth Co:lab pada tahapan Internasional, serta membuka peluang memperoleh dukungan investasi dari para investor-investor skala nasional dan international,” jelasnya.

Pemerintah kota Ambon dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon lanjutnya menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang Langkah ini.

“Momentum ini sehingga kami Kota Ambon dibagian timur Indonesia pun turut dikenal smua wirausaha muda di seluruh Indonesia, dan harapannya pengalaman – pengalaman apa saja yang telah kami sampaikan bisa menjadi literasi bagaimana membangun ekosistem di daerah masing-masing, begitu pun sebaliknya,” ungkap Luhukay.

Dikatakan, Apa yang diterima pihaknya saat ini dapat memberikan semangat baru, kerja-kerja yang inovatif sehingga berdampak bagi para wirausaha-wirausaha muda di kota Ambon kedepan.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *