Penting Peran Pers, Wabup SBT Harap Kolaborasi Bangun Ita Wotu Nusa

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID – Momentum terbesar bagi insan pers tanah air kembali di peringati pada tanggal 9 Februari 2022 sebagai Hari Pers Nasional (HPN).

Tanggal tersebut juga menjadi tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yakni di tahun 1946 di Surakarta dan menjadi organisasi wartawan pertama di Indonesia.

Dalam momentum peringatan tahun ini, Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT), turut memberikan ucapan selamat kepada seluruh insan pers di tanah air Indonesia terkhusus yang bertugas di wilayah pemerintahan Kabupaten SBT.

“Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers, semoga tetap bekerja sesuai kode etik dan mampu merubah mindset dan pola pokir masyarakat,” tulis Rumalutur melalui press realese yang diterima media ini, Rabu (9/02/2022).

Menurutnya, pers merupakan mitra pemerintah yang selain berfungsi men-sosiali-sasi-kan program dan kegiatan pemerintah, juga sekaligus melakukan fungsi kontrol atas segala kebijakan dari pemerintah daerah.

“Alhamdulillah kehadiran insan pers sangat penting dalam menyajikan informasi kepada masyarakat khususnya kebijakan strategis dan program unggulan dari pemerintah daerah sehingga berbagai program dapat diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini juga tetap mengharapkan kritikan dan masukan dari insan pers demi berlangsungnya kesuksesan pembangunan.

“Kritik dari insan pers adalah fungsi kontrol bagi pemerintah, karena pers juga mempunyai kewajiban atau pengemban tugas mensejahterakan masyarakat dan membantu pembangunan daerah,” terang Rumalutur.

Ia berharap kepada insan pers untuk menjadi pelurus berbagai informasi terutama memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat khususnya terkait berita bohong atau hoax yang marak di masa pandemi ini.

“Sampai saat ini kita masih dilanda pandemi Covid-19, untuk itu kami harap peran media untuk mengedukasi masyarakat dengan menyukseskan vaksinasi serta menjadi filter terhadap berita hoax,” ucapnya.

Momentum HPN bagi seluruh insan pers, Rumalutur mengajak seluruh insan pers melalui media yang dimiliki untuk terus mengangkat kearifan lokal sehingga akan menumbuhkan kekuatan daerah dalam menggali potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita punya berbagai objek wisata yang menarik di negeri ini, hasil kerajinan tangan dari pengrajin, produk-produk UMKM, produk hasil perkebunan dan berbagai potensi lokal lainnya yang layak diekspos di media, sebab inilah menjadi tanggung jawab bersama dalam membangun sebuah daerah,” tutupnya.

Pria kelahiran Geser 11 Februari 1946 ini juga menghimbau kepada semua OPD yang ada di Kabupaten SBT untuk tidak pelit dengan informasi dan selalu siap melayani pekerja media yang hendak membutuhkan informasi yang akan disampaikan ke publik.

Dirinya mengharapkan kepada insan pers yang bertugas di Kabupaten SBT untuk turut memerangi informasi hoax yang memecah belah kan masyarakat dan menimbulkan kegaduhan yang tidak diinginkan.

“Pers adalah salah satu pilar demokrasi di negara ini dan juga corong bagi masyarakat sehingga harus independen dan edukatif,” tutupnya.*** CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *