Peringati HKN Ke-58, Dinkes SBT Lakukan Jalan Santai Dan Senam Bersama

Kesehatan

SBT,CakraNEWS.ID-  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar jalan santai dan senam massal dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, di Halam Depan Gedung Serbaguna Dinkes SBT,Jumat (11/12/2022).

Jalan santai tersebut dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Jafar Kwairumaratu, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten SBT, para Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Puskesmas se-SBT, para Tenaga Kesehatan dan masyarakat umum lainnya.

Acara pelepasan gerak jalan sehat berjalan aman, tertib dan lancar dengan mengikuti rute yang telah ditentukan yaitu garis star di Jalan Protokol Pandopo Bupati dan titik finish di depan Gedung Serbaguna Dinkes SBT.

Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur saat membacakan sambutan mewakili Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menyampaikan, terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan SBT yang telah menyelenggarakan kegiatan jalan santai ini, selain bermanfaat sebagai sarana olahraga juga sebagai ajang silaturahim.

“Semoga dengan momentum peringatan HKN ke-58 ini dapat meningkatkan motivasi gaya hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri,” ujar Rumalutur.

Dikatakan Wakil Bupati, Lewat momentum peringatan kesehatan yang berlangsung setiap tahunnya tidak terkecuali di momen peringatan HKN Ke-58 Tahun 2022 ini, kita semua terus didorong dan diingatkan untuk senantiasa menjaga dan memelihara kesehatan.

“Syukur alhamdulillah, momentum peringatan HKN Ke-58 pagi ini, secara bersama-sama, kita dapat melakukan aktivitas olahraga bersama dengan melalui gerak jalan dan senam sehat, upaya ini tentu sangat baik bagi kesehatan,” pungkas Rumalutur.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis kepada media ini menyebutkan, HKN diperingati setiap Tanggal 12 November setiap tahunnya. Senam massal, jalan sehat bersama dan cek kesehatan gratis merupakan salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan SBT dalam rangka memperingati HKN tersebut.

“Pada peringatan HKN Ke-58 kami selaku Dinas Kesehatan ucapkan selamat atas hari kesehatan nasional semoga Insya Allah pelayanan kesehatan di Kabupaten SBT semakin baik kedepan,” harapnya.

Terkait dengan kegiatan, kata Rumakabis, dilaksanakan secara serempak kegiatan yang sama di berbagai Puskesmas yang ada di kabupaten SBTdengan semangat kebersamaan dan penuh kebanggaan. Dimana, menurutnya HKN sebagai suport dan semangat bagi seluruh masyarakat khususnya tenaga kesehatan di Kabupaten SBT.

“Kita juga memberikan sejumlah doorprize kepada peserta pemenang undian dengan hadiah utama berupa kulkas, televisi dan hadiah hiburan lainya dan memberikan penghargaan kepada sejumlah relawan kesehatan atas jasanya untuk negeri ini dan yang sudah lama mengabdi untuk negeri ini pada momentum yang paling bersejarah ini yakni HKN Ke-58,” jelas Rumakabis.

Pria perawakan Suru Kecamatan Siritaun Wida Timur itu juga mengungkapkan, Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 dapat dijadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program gerakan masyarakat hidup sehat  (Germas). Selain itu juga mendorong penguatan fasyankes dalam upaya kesehatan promotif dan preventif. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif.

“Dalam kegiatan hari ini, kita juga melakukan cek kesehatan gratis antara lain pengecekan gula darah, kolesterol dan asam urat. Apabila ditemui ASN dan masyarakat dengan kondisi yang tidak stabil, kita akan anjurkan untuk pemeriksaan selanjutnya dan hal tersebut akan didampingi oleh pihak kesehatan di Kabupaten SBT, “ terangnya.

Dikatakan orang number one di Dinas Kesehatan SBT itu, pada momentum HKN Ke-58 disertakan dengan usia Kabupaten SBT yang beranjak 19 tahun sudah terpenuhi sejumlah dokter yang ditetapkan untuk bekerja di seluruh Puskesmas saat ini sudah lengkap. Kata Rumakabis, hal itu menjadi sejarah dalam kabupaten SBT.

“Ini merupakan satu anugerah yang luar biasa karena seluruh tenaga sudah lengkap dan penambahan sarana dan prasarana walaupun sebagian yang belum tentunya kedepan kami akan memaksimalkan lagi nantinya,” terang Rumakabis.

Usai senam, Wakil Bupati didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan menyerahkan tiga unit Ambulance kepada 3 Puskesmas yang ada di SBT. Dinas Kesehatan SBT juga meyerahkan penghargaan kepada salah satu bidan purna bakti atas nama Salma Kepeleleway dan penyerahan penghargaan kepada 5 tenaga relawan kesehatan terbaik pada Puskesmas yang terpencil diantaranya Fenti Kwairumaratu bekerja pada Puskesmas Batuasa,Husni Sokanfuty Puskesmas Kilmury, Esterita Kolatlena Puskesmas Teor, Maina Rumatiga Puskesmas Tamher Timur dan terakhir Siti Nuriah Faud bekerja pada Puskesmas Afang.

Untuk diketahui, disela-sela kegiatan jalan sehat dan senam bersama, beberapa kegiatan lainnya yang juga dipusatkan di Depan Gedung Serbaguna Dinkes SBT seperti pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, golongan darah serta pemeriksaan kesehatan secara gratis lainya.*CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.